fbpx

Alumni Program Riset Unggulan USK Dilantik jadi ASN PPPK Peneliti BRIN

kabardaily.com –  Tiga peneliti sekaligus Alumni Program Riset Unggulan USK (PRUU-PD) Batch 1, yaitu Dr. Firman M. Nur, S.Si., M.Si; Dr. Fitriani, S.T., M.T; dan Dr. Hera Desvita, S.T., M.T dilantik menjadi ASN PPPK Peneliti Ahli Madya-BRIN di Auditorium Gedung BJ Habibie, Jakarta, Selasa (27/06).

“Saya ucapkan selamat kepada para pegawai yang dilantik hari ini, khususnya kepada pegawai yang dilantik sebagai ASN PPPK,” ucap Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko.

Sebelumnya, mereka telah mengikuti program Postdoctoral di BRIN. Proses penerimaan pegawai PPPK sendiri telah melalui seleksi oleh Tim Penilai Kinerja.

“Saya berharap para pegawai PPPK yang baru dapat segera menyesuaikan diri, bekerja dan mengenal lingkungan kerja yang baru. Karena BRIN merupakan institusi yang besar maka mulailah dengan mengenal lingkungan terdekatnya, dengan proaktif temui pimpinan unitnya,” tuturnya.

Ia juga menerangkan agar para pegawai baru untuk membuat kelompok riset sendiri atau segera bergabung dengan kelompok riset yang sudah ada di unit.

“Saya sarankan khususnya kepada peneliti ahli madya PPPK yang baru bergabung, segera meminta waktu untuk bisa mengisi seminar rutin di internal masing-masing, sehingga bisa menjadi ajang untuk memperkenalkan diri, dan juga memperkenalkan apa saja yang sudah dilakukan dan yang ingin dilakukan,” jelasnya.

Menurut Handoko, BRIN setiap tahunnya membuka kesempatan dengan merekrut hampir 500 orang pegawai PPPK Periset. Rekrutmen ini merupakan komitmen pemerintah untuk menyediakan sarana atau platform bagi generasi muda Indonesia yang sudah menekuni suatu bidang tertentu untuk bisa melanjutkan melakukan aktivitas dan bahkan meningkatkan kematangan dibidang yang mereka kuasai.

“Saya yakin banyak tantangan yang harus dilalui, karena Bapak/Ibu akan langsung masuk ke ranah kompetisi tidak hanya di dalam BRIN namun juga nasional dan juga internasional,” harapnya.

Sementara itu, Firman M. Nur mewakili dua rekannya yang lain, mengaku bangga bisa menjadi bagian dari BRIN. Dirinya siap segera beradaptasi, demi perkembangan riset Tanah Air yang lebih maju.

“Tentu bahagia, lagi bersyukur bisa menjadi bagian dari keluarga BRIN. Kami akan berusaha berkontribusi maksimal untuk bangsa dan negara, sekaligus mengharumkan nama USK,” kata Firman.[*]