fbpx

USK Teken Perjanjian Bisnis dengan Tiga Perusahaan Nasional

KABARDAILY.COM – Universitas Syiah Kuala (USK) teken perjanjian bisnis dengan tiga perusahaan swasta nasional di Artotel Senayan. (Jakarta, 13 Mei 2024).

Ketiga kesepakatan tersebut adalah MoU antara USK dengan PT. Symindo Tirta Kimia yang ditandatangani oleh Rektor USK Prof.Dr.Ir. Marwan dengan Direktur Utama PT. Symindo Ir. Muslim Armas. Selanjutnya Perjanjian Kerja sama (PKS) antara USK dengan PT. Trans Continent ditandatangani oleh Wakil Rektor IV Prof.Dr.Ir. Taufiq Saidi, M.Eng dengan Presiden Direktur PT. Trans Continent Ismail Rasyid serta Direktur Utama PT. Focustindo, Ir. Sumardi.

Rektor mengatakan, perjanjian bisnis ini merupakan babak baru USK sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) sebagai upaya peningkatan kemandirian perguruan tinggi.

“Kerja sama ini meliputi rencana bisnis hulu-hilir nilam, pengembangan produk inovasi skincare turunan minyak nilam serta pendirian pabrik pengalengan ikan keumamah,” ucap Rektor.

Kesepakatan kerjasama ini dilakukan dalam rangkaian kegiatan International Expo and Gathering USK yang terdiri dari Employer Meeting, Alumni Meeting, Business Meeting dan Expo Produk Inovasi. Program ini merupakan upaya USK dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Perguruan Tinggi agar menjadi World Class University yang didukung oleh LPDP.

Rektor mengatakan dalam menghadapi era globalisasi ini, USK memahami bahwa daya saing global bukan hanya ditentukan oleh peringkat, tetapi lebih pada substansi dan dampak nyata yang diciptakan oleh aktivitas akademiknya. Dengan komitmen yang kuat untuk terus meningkatkan kualitas dalam berbagai aspek.

“USK yakin dapat menjelma menjadi kekuatan pendidikan dan riset yang diakui secara global. Hal ini didukung oleh USK yang saat ini memiliki sekitar 32.000 mahasiswa, 162 profesor, 700 doktor, 900 master, 146 program studi,” ucap Rektor.

Rektor mengungkapkan, kegiatan International Expo and Gathering ini adalah momentum yang baik bagi USK untuk memperkuat kemitraannya dengan dunia kerja maupun bisnis. Misalnya, employer meeting untuk menjalin komunikasi yang lebih intens antara universitas dengan dunia kerja khususnya pengguna lulusan baik instansi pemerintah, swasta dan institusi lainnya.

“Diharapkan para pengguna lulusan (employer) memiliki kesan positif terhadap lulusan USK yang bekerja di instansi mereka. Selain itu USK juga memerlukan feedback dari dunia kerja untuk meningkatkan kualitas lulusan di masa yang akan datang” lanjut Marwan.

Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Direktur Bisnis dan Dana Lestari (DBDL) USK Syaifullah Muhammad, menyampaikan rasa syukurnya bahwa acara besar ini dapat terlaksana dengan sukses. Syaifullah menyampaikan terima kasih kepada para panitia, narasumber, alumni dan tokoh tokoh masyarakat Aceh yang ada di Jakarta.

“Semoga kegiatan ini berkontribusi terhadap kemajuan dan Kemandirian USK di masa depan melalui upaya komersialisasi aset, riset dan inovasi” ujar Syaifullah.

Dirinya juga berharap, kegiatan ini akan meningkatkan penggalangan dana lestari USK untuk membantu mahasiswa yang berprestasi namun tidak mampu secara ekonomi.

Kegiatan ini turut dihadiri Kedutaan Australia di Jakarta, DAAD Jerman serta sejumlah undangan seperti Pangdam Jaya Mayjen TNI. Muhammad Hasan, Mantan Mentri BPN Sofyan Djalil, Mantan Menteri BUMN Mustafa Abu Bakar, Tarmizi Karim, Surya Dharma Ali, Farhan Hamid, Illiza Sa’adudin Djamal, Direktur Bisnis berbagai PTN BH dan ratusan tamu lainnya. Acara diisi oleh penampilan tarian Ratoh Jaroe dari siswi MAN Jakarta dan pembacaan Syair oleh Budayawan Fikar W. Eda.