fbpx

Fakultas Kedokteran USK Segera Buka 4 Prodi Dokter Spesialis Baru

BANDA ACEH,KABARDAILY.COM – Fakultas Kedokteran (FK) USK akan segera membuka 4 prodi pendidikan dokter spesialis baru yaitu Gizi Klinik, Psikiatri (Jiwa), Patologi Klinik, dan Dermato Venerologi (Kulit).

Hal itu disampaikan Dekan FK USK, Dr. dr. Safrizal Rahman kepada media ini Kamis 9 Mai 2024.

Rangkaian kegiatan akreditasi minimal oleh LamPTKes untuk pembukaan prodi yang berlangsung sejak hari Senin 6 Mei sampai Rabu 8 Mei 2024

Dr. dr. Safrizal Rahman optimis bahwa 4 prodi baru ini bisa menerima mahasiswa semester ganjil tahun ini.

“Sudah menjadi tanggung jawab USK dalam hal ini FK untuk dapat berkontribusi memenuhi amanat Negara untuk pemenuhan kebutuhan dokter spesialis di Indonesia, terutama di Aceh, “tambahnya.

Khusus mengenai PPDS Gizi Klinik Safrizal berharap USK bisa menjadi pusat pendidikan baru yang saat ini hanya tersedia di 4 Universitas di Indonesia.

Panitia pendirian PPDS Gizi Klinik dr. Iflan Nauval menyampaikan pendirian ppds gizi klinik ini merupakan juga amanat dari Kolegium Gizi Klinik Indonesia untuk dapat membantu memenuhi kebutuhan dokter spesialis gizi klinik secara nasional yang saat ini jumlah lulusannya hanya berkisar 20 dokter per tahun.

“Selain itu, ppds gizi klinik USK berfokus dalam layanan preventif penyakit metabolik yang sangat erat kaitannya dengan pola hidup, pola diit, dan olahraga, “pungkasnya.

Sementara itu Asesor LamPTKes Gizi Klinik, dr. Dadang Arif Primana, SpGK dan Prof dr. Agussalim Bukhari, PhD, SpGK mengatakan kalau USK layak menyelenggarakan prodi PPDS baru yang akan dibuka.

Hal itu mengingat tingginya minat calon peserta didik, solidnya staf pengajar, dan terutama kuatnya dukungan dari berbagai pihak terutama Direktur RSU Zainoel Abidin, Direktur RS Jiwa Aceh, Direktur RS Meuraxa dan Komitmen penuh Rektor USK yang kemarin diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Wirausaha Prof. Dr. Mustanir.[ Rus ]