fbpx

Mahasiswa USK Raih Juara Umum pada Lomba Media Pembelajaran Matematika Digital Tingkat Nasional

Banda Aceh,kabardaily.com  – Program Studi Pendidikan Matematika (PSPM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) bekerjasama dengan Pusat Riset dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PRP-PMRI) Universitas Syiah Kuala (USK) mengadakan Lomba Media Pembelajaran Matematika Digital (LMPMD) antar mahasiswa S1 dan S2 Pendidikan Matematika se-Indonesia yang ke-1.

Menurut Mailizar, Koordinator Prodi, kegiatan ini mendapat dukungan luar biasa dari pimpinan USK melalui dana PNBP. Acara yang berlangsung dari 10-28 November 2023 untuk pendaftaran dan pengumpulan karya serta penilaian hasil karya pada 26-29 November 2023 tersebut, menampilkan kategori lomba media pembelajaran matematika digital dan lomba poster digital.

Ketua panitia, Rahmah Johar mengatakan media digital yang interaktif memungkinkan siswa untuk berinteraksi langsung, memberikan jawaban, dan mendapatkan umpan balik secara online, memfasilitasi pembelajaran yang berdiferensiasi.

Rahmah Johar menambahkan, melalui LMPMD ini, mahasiswa pendidikan matematika tidak hanya menjadi pengguna teknologi, tetapi juga pencipta berbagai media pembelajaran matematika digital yang kreatif, memunculkan talenta dalam seni desain poster dengan tema Sustainable Development Goals (SDGs).

Poster-poster tersebut menjadi visualisasi kuat akan peran penting pembelajaran matematika dalam mencapai berbagai goals dari SDGs.

Sementara itu, M.Ikhsan Ketua Jurusan Pendidikan Matematika menyebutkan bahwa Pembelajaran menggunakan media digital ini sangat cocok dalam pembelajaran abad 21, apalagi media digitalnya bersifat interaktif.

“Artinya siswa dapat memberikan jawaban langsung pada lembar kerja dan siswa juga mendapatkan feedback langsung secara online dari lembar kerja tersebut” ungkapnya.

Drs. Abubakar, M.Si, Wakil Dekan III FKIP Universitas Syiah Kuala, menyampaikan pesan bahwa setiap peserta adalah juara, memotivasi agar semangat prestasi tetap terjaga pada kegiatan mendatang. Ia berharap kegiatan semacam ini dapat berlanjut di tahun-tahun mendatang sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menunjukkan kehebatan mereka di era digital.

Berikut daftar perguruan tinggi yang berhasil menduduki peringkat 10 besar dalam perlombaan LMPMD Se-Indonesia 2023 :
1. Universitas Syiah Kuala
2. Universitas Sulawesi Barat
3. IAIN Ponorogo
4. Universitas Yogyakarta
5. Universitas Jakarta
6. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
7. Universitas Negeri Semarang
8. Universitas Masamus Marauke
9. Universitas Islam Sultan Agung
10. Universitas Pattimura