fbpx

Dewan Dakwah Aceh Singkil Sembelih 26 Ekor Hewan Kurban

Singkil,kabardaily.com — Dewan Dakwah Aceh Singkil bekerjasama dengan LAZNAS Dewan Dakwah Pusat dan Dewan Dakwah Aceh pada Idul Adha 1444 H tahun 2023 ini menyembelih sebanyak 26 ekor hewan kurban, yang terdiri dari seekor sapi dan 25 domba.

Ketua Dewan Dakwah Aceh Singkil, Abdul Muhri, Sabtu (1/7/2023) mengatakan hewan kurban tersebut telah disalurkan ke berbagai kampung di Kabupaten Aceh Singkil, yang selama ini sangat jarang dilaksanakan kurban.

Di Kecamatan Gunung Meriah, telah disalurkan ke kampung Tulaan lima ekor domba dan Tanjung Betik seekor sapi. Kemudian di Kecamatan Danau Paris disalurkan ke kampung Labuhan lima ekor domba, Tran Lae Balno lima ekor domba dan Panjuharang empat ekor domba.

Selanjutnya kampung Sosor, Kecamatan Simpang Kanan dua ekor domba dan terakhir di Pulau Balai, Kecamatan Pulau Banyak empat ekor domba.

“Adapun prosesi penyembelihannya berlangsung selama dua hari, yaitu Jumat dan Sabtu, 11-12 Zulhijjah atau 30 Juni – 1 Juli 2023. Untuk hari ini berlangsung di Pulau Balai, Kecamatan Pulau Banyak dan Tulaan Kecamatan Gunung Meriah,” kata Ahdul Muhri.

Ia menjelaskan penyaluran hewan kurban itu bertujuan tujuan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat yang membutuhkan daging hewan kurban, yang mungkin sulit dijangkau secara ekonomis oleh mereka. Selain itu juga untuk memperkuat solidaritas dan persatuan antara sesama masyarakat.

“Tak lupa kami mengucapakan terimakasih banyak kepada para mudhahhi (orang yang berqurban) yang telah memberikan kepercayaannya kepada Dewan Dakwah Aceh Singkil. Semoga Allah membalas semua kebaikan tersebut,” kata Abdul Muhri.

Ia menambahakan ibadah kurban merupakan bentuk kepedulian sosial yang kuat terhadap sesama. Melalui kurban, diharapkan masyarakat dapat mengembangkan sikap empati, saling peduli, dan membantu mereka yang membutuhkan.

“Dengan berbagi daging kurban kepada yang membutuhkan, kita dapat memperkuat ikatan sosial dan membangun kebersamaan dalam masyarakat,” pungkas Abdul Muhri.[*]