27.5 C
Banda Aceh
BerandaBanda AcehUSK Wisudakan 1.573 Lulusan Secara Luring

USK Wisudakan 1.573 Lulusan Secara Luring

Banda Aceh,kabardaily.com – Universitas Syiah Kuala melalui Sidang Terbuka mewisudakan 1.573 lulusan Pascarjana, Program Spesialis, Pendidikan Profesi, Sarjana dan Diploma. Kegiatan wisuda ini dilaksanakan untuk pertama kalinya secara luring selama pandemi di Gedung AAC Dayan Dawood. (Banda Aceh, 9 Februari 2022).

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU., ASEAN. Eng, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan. Pelaksanaan wisuda secara luring ini terasa istimewa, karena setelah dua tahun terakhir USK hanya melaksanakannya secara daring.

Meskipun demikian, Rektor tetap mengingatkan seluruh hadirin untuk tetap mematahui protokol kesehatan. Mengingat pandemi Covid-19 ini belum usai, bahkan saat ini Indonesia sedang memasuki gelombang ketiga dari pandemi ini.

Pada wisuda ke-152 kali ini, USK melaksanakanya dalam dua hari. Sebanyak 774 wisudawan dilepas hari ini, Rabu 9 Februari 2022. Lalu 799 lainnya akan diwisuda besok, Kamis 10 Februari 2022.

“Alhamdulillah, dari 1.573 lulusan tersebut, 167 di antaranya berhasil meraih predikat pujian atau cumlaude,” ucap Rektor.

Kepada wisudawan, Rektor berpesan untuk mampu mengaplikasikan ilmunya dengan cara yang kreatif dan inovatif, serta berupaya untuk terus meningkatkan kompetensinya dengan belajar. Karena hal tersebut adalah salah satu strategi untuk bertahan pada kondisi seperti sekarang yang penuh ketidakpastian.

Rektor menjelaskan, pandemi telah memberi dampak yang serius pada kondisi ketenagakerjaan di Indonesia. Ada banyak orang yang kehilangan pekerjaan atau menjadi pengangguran.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), hingga periode akhir 2021, tingkat pengangguran Indonesia adalah 6,49% atau 9,1 juta orang. Angka pengangguran terbesar terjadi pada kelompok usia 20-29 tahun, yaitu kelompok usia alumni perguruan tinggi. Maka tidaklah mengherankan bahwa ratusan ribu alumni perguruan tinggi masih tercatat sebagai pengangguran hingga saat ini.

Karena itulah, USK membekali mahasiswanya dengan ilmu dan cara berpikir kreatif serta inovatif. Mereka juga dilatih untuk menjawab berbagai persoalan, dan bahkan diterjunkan langsung ke masyarakat. Di tengah masyarakat itulah, mereka ditantang untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dengan bekal kompetensi yang telah didapatkan sejak awal perkuliahan.

“Bagi mereka yang mampu mengaplikasikan ilmunya dengan cara yang kreatif dan inovatif, situasi apapun tidak akan menghalangi mereka untuk tetap produktif dan berkarya,” ucap Rektor.

Wisuda kali ini merupakan wisuda terakhir kalinya bagi Prof. Samsul Rizal selaku Rektor. Masa jabatannya akan berakhir pada tanggal 27 Februari 2022. Untuk itulah, Rektor secara pribadi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak khususnya masyarakat Aceh, yang telah mendukungnya selama ini dalam menjalankan amanah untuk memimpin USK.

“Hari ini adalah wisuda terakhir yang saya hadiri sebagai Rektor. Insya Allah, akhir Februari nanti, Rektor baru USK yaitu Prof. Marwan akan dilantik. Saya mengajak semua pihak untuk tetap mendukung dan terus berkarya dengan semangat kejujuran, keikhlasan, dan kebersamaan demi USK,” ucap Rektor.

Pada kegiatan ini Rektor juga memberikan USK Award kepada CEO Trans Continent Ismail Rasyid, S.E, yang merupakan alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis USK. Selanjutnya, Ismail Rasyid memberikan motivasi kepada wisudawan dan berbagi strategi kesuksesannya dalam merintis usaha hingga tingkat internasional.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

31,112FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Related News

Indonesia
6,051,850
Total confirmed cases
Updated on May 19, 2022 22:07
Indonesia
156,510
Total deaths
Updated on May 19, 2022 22:07
Indonesia
3,766
Total active cases
Updated on May 19, 2022 22:07