fbpx

SMAN 1 Ingin Jaya Kembali Raih juara Satu Pameran P5 se-Kota Banda Aceh dan Aceh Besar

BANDA ACEH,kabardaily.com  – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar, kembali meraih juara satu lomba Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tahun 2023.

Kegiatan P5 itu digelar oleh SMA Negeri 7 Kota Banda Aceh sebagai gelar karya, bazar dan apresiasi Seni sebagai bagian dari kurikulum merdeka.

Sebagai imbas, sekolah lainnya turut mengundang SMA Se-Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman SMA Negeri 7 Banda Aceh, Sabtu (24/6/2023) lalu.

Kepala SMA Negeri 1 Ingin Jaya, Nizariah SSos MPd kepada media ini, Rabu (27/6/2023) mengatakan, siswa SMA Negeri 1 Ingin Jaya kembali meraih juara satu oleh Tem Simba Batera.

“Inovasi Pembuatan Baterai dari Limbah Singkong dan Tempurung Kelapa merupakan judul yanh diangkat oleh SMA Negeri 1 Ingin Jaya,” sebut Nizariah.

Katanya, sebagai perwujudan dari tema berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI dibawah bimbingan, Erlin Mariana Rosada Sari SPd MA.

Selanjutnya, siswa SMA Negeri 1 Ingin Jaya juga meraih juara harapan tiga untuk Tim Sie Bonang (Sie Abon Nangka), judulnya “Inovasi pembuatan Abon Nangka dengan Daun Jeruk Perut” dari tema kewirausahaan yang dibimbing oleh, Yuliarni SPd.

“Kedua projek tersebut bahan dasarnya berasal dari tanaman halaman sekolah di SMA Negeri 1 Ingin Jaya,” ungkap Nizariah.

Selanjutnya kepala sekolah menuturkan, bahwa ajang ini merupakan kesuksesan yang kedua setelah mendapatkan juara satu stand bazar tahun lalu.

Sekarang kedua tim mendapatkan juara lagi. Hal ini kami lakukan untuk memberi ruang gerak yang seluasnya kepada peserta didik untuk berkarya dan mengembangkan potensi diri dalam mengikuti kompetisi.

“Kami juga telah sukses di ajang internasional tahun 2022 di Bali dengan inovasi pembuatan lulur dari limbah kulit jeruk bali mendapatkan medali perak,” ucapnya.

Selanjutnya ujar Nizariah, baru-baru ini bulan Mei 2023 mendapat special award di Bangkok. Sebagai apresiasi terhadap karya siswa kami, pihak sekolah sangat mendukung setiap inovasi siswa sebagai perwujudan kurikulum merdeka.

Harapan kepala sekolah, dengan keikutsertaan siswa SMA Negeri 1 Ingin Jaya diharapkan dapat memotivasi siswa untuk terus berkarya dan meningkatkan kreatifitas mereka.

“Dewasa ini, siswa harus mampu menghadapi daya saing baik nasional maupun internasional, serta sebagai penambah perekonomian sehingga bisa hidup layak di masyarakat,” pungkas Nizariah.(*)

Penulis : Baihaki