fbpx

Siswi SMAN 1 Teunom Wakili Aceh ke Nasional pada Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

BANDA ACEH,kabardaily.com  -. Laisya Nursakila membawa kebahagiaan bagi warga SMA Negeri 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya. Pasalnya, pelajar kelas XII IPA itu menjuarai ajang Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ Provinsi Aceh 2023.

Kegiatan itu dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Aceh berlangsung di Hotel Ayani Banda Aceh dari tanggal 7 Agustus hingga berakhir pada Kamis (10/8/2023).

Kepala SMA Negeri 1 Teunom, T. Irwansyah SPdI di Banda Aceh mengatakan, Laisya Nursakila berhasil mewakili Provinsi Aceh ke tingkat nasional pada Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ tahun 2023.

“Alhamdulillah, kami sangat bangga dan bahagia, mudah-mudahan prestasi ini menjadikan Laisya lebih berprestasi lagi, tidak hanya dalam bidang akademik namun dalam bidang non akademik,” kata Irwansyah.

Dikatakannya, dalam ajang ini, Laisya bersaing dengan 23 peserta dari 23 kabupaten/kota di Aceh. Akhirnya dia keluar menjadi yang terbaik.

Irwansyah menjelaskan, setiap peserta diwajibkan untuk menunjukkan karya tulis ilmiah. Mereka juga diminta memperagakan prototipe yang dibuat dalam jangka waktu 10 menit.

“Upaya meningkatkan kesadaran generasi miilenial tentang rambu lalu lintas dengan media spinning wheel picker adalah judul karya ilmiah yang diangkat Laisya,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia juga dinilai mampu dalam memperagakan cara kerja peluru tersebut dan dipadukan dengan gambar rambu lalu lintas berbentuk pop up buatannya.

Kepala sekokah menuturkan, SMA Negeri 1 Teunom mengirimkan dua pelajar pemula keselamatan LLAJ, yakni Riski Muliana dan Laisya.

“Setelah menjuarai ajang ini, Laisya akan mewakili Aceh untuk berlaga dalam ajang yang sama di tingkat nasional,” ungkap Irwansyah.

Kami sangat bersyukur atas prestasi yang diraihnya. Semoga ini menjadi motivasi bagi para siswa di sekolah dalam berbagai ajang lomba lainnya.

Kata Irwansyah, para peserta tidak sekedar dituntut untuk menjadi pelopor keselamatan di tempat masing-masing.

Namun, para peserta juga dituntut untuk cakap dalam mengedukasikan kepada generasi muda tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas sebagai upaya menekan angka kecelakaan.

“Saya berterima kasih kepada sejumlah pihak, terutama Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, Polres Aceh Jaya, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Jaya, Dinas Perhubungan Aceh Jaya, serta semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kita do’akan semoga meraih prestasi di tingkat nasional,” pungkas Irwansyah. (*)