fbpx

Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat, Personel Lanud Sam Ratulangi Berpartisipasi Dalam Latihan PKD Ke-109

Manado,kabardaily.com – Puluhan personel Lanud Sam Ratulangi berpartisipasi dalam Latihan Penanggulangan Kondisi Darurat (PKD) Ke-109 yang diselenggarakan PT. Angkasa Pura I di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara. Selasa (27/6/2023).

Dalam simulasi penanggulangan keadaan darurat tersebut, personel Lanud Sam Ratulangi terlibat dalam pasukan Penanggulangan Huru-Hara (PHH) untuk mendukung airport security exercise dan staf RSAU. Dr. Charles P.J. Suoth Lanud Sam Ratulangi sebagai tim dukungan kesehatan dalam aircraft accident exercise.

Latihan ini merupakan upaya antisipasi dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan baik personel, fasilitas, dan dokumen guna menanggulangi kondisi darurat. Selain itu, juga bertujuan untuk menguji fungsi komunikasi, koordinasi, komando, dan sinkronisasi atas prosedur di Bandara Internasional Sam Ratulangi.

Bertemakan “Dengan Semangat Transform To Elevate, Kita Tingkatkan Komunikasi, Koordinasi, dan Komando Menuju Satu Tujuan Yaitu Pelayanan Bandar Udara Kelas Dunia”, latihan ini melibatkan 389 personel yang terdiri atas Perum LPPNPI (AirNav Indonesia) Cabang Manado, Otoritas Bandara Wilayah VIII, TNI-Polri, Basarnas, BMKG, Balai Karantina, Airlines, serta Rumah Sakit sekitar Manado.

Adapun simulasi latihan dengan tiga skema latihan diantaranya aircraft accident exercise, airport security exercice, dan fire building exercise. Sebelumnya, telah dilaksanakan table top exercise sebagai latihan simulasi strategi yang dilakukan di dalam ruangan untuk menguji kemampuan personel dalam menanggulangi keadaan darurat.[*]