fbpx

Tingkatkan Profesionalisme Prajurit, Satpom Lanud Sam Ratulangi Latihan Teknis Pengawalan Bermotor

MANADO,KABARDAILY.COM – Melalui pembinaan dan pelatihan secara teratur tentunya akan meningkatkan profesionalisme prajurit, termasuk Satuan Polisi Militer (Satpom) Lanud Sam Ratulangi secara rutin melaksanakan latihan teknis pengawalan bermotor di Lapangan Parkir Satpom Lanud Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Kamis (16/5/2024).

Mewakili Danlanud Sam Ratulangi Marsma TNI Ramot C.P. Sinaga, S.E., M.Han., Dansatpom Lanud Sam Ratulangi Letkol Pom Rindo Qadarsyah, S.H., M.Tr.SOU., mengatakan bahwa pengawalan menggunakan kendaraan bermotor merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki personel Polisi Militer TNI Angkatan Udara (Pomau) untuk memastikan VIP/VVIP ataupun kendaraan yang dikawal dapat tiba ditujuan dengan selamat dan aman.

Personel yang ditugaskan mengawal, lanjutnya, harus memiliki kemampuan dalam memahami karateristik kendaraan yang digunakan, situasi jalur yang akan dilalui, serta sikap antisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Safety riding sangat penting dan menjadi pondasi utama dalam pelaksanaan pengawalan, sehingga pastikan kendaraan yang digunakan dalam konsidi prima serta patuhi rambu-rambu lalu lintas,” ujarnya.

Selain itu, latihan ini juga untuk memberikan pengalaman baru bagi personel Satpom Lanud Sam Ratulangi yang baru berdinas serta sebagai upaya regenerasi bagi personel yang bertugas pengawalan.

Latihan yang dilaksanakan setiap minggu ini juga diisi dengan materi latihan mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP), latihan penyidikan dan penegakan tata tertib.