fbpx

MPD Aceh Besar Kembali Laksanakan Penguatan Komite Sekolah 2024

JANTHO,KABARDAILY.COM – Tahun politik 2024 tidak menyurutkan semangat Pemda Aceh Besar untuk tetap memberikan perhatiannya dalam penguatan elemen masyarakat dalam memajukan dunia pendidikan di Aceh Besar melalui Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Besar yang dilaksanakan di Aula Gedung UDKP Kecamatan Indrapuri tanggal 18 Mei 2024.

Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 120 peserta ini terdiri dari pihak sekolah, komite sekolah dan tokoh pendidikan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Aceh Besar Bapak Bahrul Jamil, S.Sos., M.Si.

FB IMG 1716108213844

Ketua MPD Aceh Besar Prof. Dr. Mustanir, M.Sc dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan dalam rangka penguatan terhadap berbagai elemen pendidikan yang salah satunya adalah komite sekolah demi kemajuan pendidikan kita menjadi lebih baik lagi kedepan.

Dalam kegiatan ini menghadirkan 2 pemateri yaitu pertama Ketua MPD Aceh Besar dengan tema: Peran Komite Sekolah Berdasarkan Permendikbud No. 75 Tahun 2016. Dan Kedua Maidarisah, S.Pd dengan tema: Diseminasi Praktik Baik Pencapaian Komite Sekolah Berprestasi Tingkat SD Sederajat di Kabupaten Aceh Besar. Yang dimoderatori oleh Suraiya Kamaruzzaman ST.L.LM., MT:

Prof. Mustanir dalam sambutannya menyampaikan 4 point penting yang dihrapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Aceh Besar, yaitu pertama.

Perlu adanya Kepedulian tokoh dan masyarakat terhadap kemajuan sekolah sebagai energi dalam pembangunan dunia pendidikan. Kedua Kualitas peserta didik perlu ditingkatkan lagi sehingga mampu bersaing untuk lulus ke sekolah unggul. Ketiga, Kemajuan peserta didik bisa diasah melalui keterampilan vokasi sesuai dengan keunggulan alam dan kearifan lokal lingkungan sekolah setempat. Dan keempat tentang sekolah Fauzul Kabir yang diharapkan melahirkan para hafidz al-qur’an sebagai wujud pelaksanaan Qanun Aceh Besar tentang Satu Gampong Satu Hafidh.

Dalam sambutan dan arahannya, Kadisdikbud Aceh Besar juga menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Kerjasama antara kepala sekolah dengan Komite Sekolah haruslah tegak lurus sesuai bidang dan peran masing-masing.

2. Kepedulian Masyarakat perlu terus dibangun demi kemajuan dunia pendidikan, dan agar mampu bersaing dengan daerah lain yang sudah lebih maju.

3. Di Aceh Besar perlu lahir lebih banyak sekolah unggul, dan pihak Disdikbud siap memberi perhatian dan dukungan penuh untuk setiap program unggulan, yang berdampak positif/dapat ditiru sekolah lain.

4. Disdikbud Aceh Besar siap berkomunikasi/berkoordinasi dengan pihak Komite sekolah dan kepala sekolah demi peningkatan dan kemajuan dunia pendidikan melalui berbagai platform media komunikasi yang ada.

5. Kehadiran Sekolah diharapkan akan mampu menumbuhkan Akhlaq mulia peserta didik sebagai diprioritas utama.

6. Disdikbud Aceh Besar sangat berharap MPD dapat terus memberikan saran positif dan membangun untuk kemajuan pendidikan di Aceh Besar.

7. Kebersihan dan keindahan sekolah harus mendapat perhatian khusus pihak sekolah, guru dan warga sekolah lainnya.

Penguatan Komite Sekolah ini merupakan sesi 1 dari 4 sesi yg direncanakan dilaksanakan untuk tahun 2024. Penentuan lokasi dan kepesertaan berbasis wilayah yang masing-masing sesi dikuti perwakilan dari 6 Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Besar.

Insya Allah, kedepannya Pemda Aceh Besar melalui MPD yang berkolaborasi dengan para pihak terkait, seperti Disdikbud dan segenap mitra strategis lainnya akan terus melakukan yang terbaik untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Aceh Besar.