fbpx

Kejati dan USK Siap Kolaborasi Tingkatkan Kompetensi Jaksa

Banda Aceh,kabardaily.com – Kejaksaan Tinggi Aceh dan Universitas Syiah Kuala siap untuk berkolaborasi dalam mendukung peningkatan kompetensi jaksa yang akan bertugas di Aceh. Komitmen ini disampaikan saat kunjungan kerja Kajati Aceh Bambang Bachtiar, SH, MH ke kampus ini. (Banda Aceh, 8 Agustus 2023).

Dalam kunjungan tersebut, Kajati Aceh hadir bersama Asintel Mukhzan dan disambut oleh Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan di Ruang Kerja Rektor USK. Turut hadir pula dalam pertemuan tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan Prof. Dr. Mustanir, M.Sc serta Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kemitraan, dan Bisnis Prof. Dr. Ir. Taufiq Saidi, M.Eng.

Adapun bentuk kolaborasi tersebut adalah, USK dan Kejati Aceh berencana melakukan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Terpadu untuk para jaksa yang akan bertugas di Aceh. Di mana materi Diklat ini difokuskan pada hukum syariat yang berlaku di Aceh.
“Karena kita ingin para Jaksa yang tugas di Aceh ini paham betul tentang hukum islam. Jadi melalui diklat terpadu ini kita bekali mereka terlebih dahulu sebelum bertugas nanti,” ucap Kajati.

Pada kesempatan ini, Rektor menyambut baik program kolaborasi ini. USK pun siap memberikan dukungan sumber daya yang ada. Mengingat perguruan tinggi ini memiliki banyak pakar di bidang hukum, maupun bidang lainnya yang dapat mendukung kinerja Kejati Aceh.

“Ya, insyaAllah kita siap. Ini program yang baik sekali, dan melalui SDM yang ada kita akan coba dukung program ini,” ucap Rektor.

Selain itu, pada kesempatan ini Kejati Aceh juga berencana untuk mendatangkan Kepala Pusdiklat untuk hadir memberi kuliah umum di USK serta melakukan penandatanganan kerja sama. Kedua belah pihak sepakat rencana ini akan segera ditindaklanjuti dalam waktu dekat.[*]