fbpx

Dosen Unaya Ikut Workshop Penyusunan Kurikulum Merdeka

Aceh Besar,kabardaily.com  – Universitas Abulyatama (Unaya) melaksanakan Workshop Penyusunan Kurikulum; Tata Kelola Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar sebagai Upaya Membangun Daya Saing, Budaya, serta Karakter Cerdas Alumni, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kedokteran, Unaya, Kecamatan Kura Baro, Kabupaten Aceh Besar, Senin, 26 Juni 2023.

Wakil Rektor I, Dr Tuti Mardian Fuadi MPd menyebutkan workshop ini harus bisa melahirkan kurikulum handal untuk menciptkan iklim kampus bermutu, sehingga alumni Unaya memiliki potensi besar untuk bersaing dalam berbagai bursa kerja.

“Semoga dosen-dosen Unaya bisa memaksimalkan kegiatan ini,” ucap Tuti Mardian Fuadi saat sambutan pengantar.

Rektor Universitas Abulyatama (Unaya), Ir R Agung Efriyo Hadi MSc PhP IPM mengatakan ke depan kampus Unaya harus memiliki kurikulum yang lebih baik dan adaptif untuk perubahan. Hal ini penting, agar alumni Unaya mempunyai daya saing dan budaya, sesuai moto Unaya yaitu “Rumoh Ilmu dan Budaya.

“Alumni kita harus memiliki karakter cerdas dan mampu menerjemahkan ilmunya di dunia kerja dan masyarakat, sehingga alumni Unaya bisa memberikan nilai tambah bagi dirinya, masyarakat, dan Unaya,” ujar Agung Efriyo Hadi saat membuka acara yang diikuti oleh dosen di lingkungan Unaya.

Menurutnya, TPL menjadi isu penting di prodi, karena motode pengampuan menjadi pemikiran bersama agar praktik di lapangan bisa dikaitkan dengan kuliah.

“Mari disukis bersama agar TPL bisa memberikan perbuhan,” tegasnya.

Ia menyebutkan, sekarang Unaya didorong untuk mendesain kurikulum yang efektif, bukan jumlahnya yang banyak, tapi memiliki kualitas mata kuliah. Ini era digital yang menjadi tantangan agar mata kuliah bisa mengadopsi hal baru, terutama mata kuliah yang ada praktikum.

Agung Efriyo Hadi berharap kurikulum yang dirumuskan nantinya bisa membekas bagi mahasiswa sehingga memiliki semangat belajar dan bisa selesai kuliah tepat waktu.

“Semoga workshop ini bisa memberikan pencerahan bagi fakultas dan program studi (Prodi) di Unaya, sehingga bisa melakukan terobosan yang menjurus pada peningkatan mutu pendidikan. Mari sama-sama ikut worshop ini, kita punya misi yang sama untuk mendesain kurikulum demi kemajuan Unaya yang mampu menjawab tantangan dan persoalan ke depan,” harap rektor.

Kegiatan yang diisi oleh dosen Universitas Syiah Kuala (USK) Dr Ir M. Aman Yaman Magic Sc tersebut dihadiri para sivitas akademika di lingkungan Unaya dan Plt Dekan Fakultas Hukum Unaya Dr Hj Siti Rahmah MKn. [ Amir ]