fbpx

1.984 Peserta Jalur Mandiri Ujian di USK

Banda Aceh,kabardaily.com –  Sebanyak 1.984 peserta Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN) Barat atau Jalur Mandiri mulai mengikuti ujian sejak tanggal 3 – 5 Juli 2023 di Universitas Syiah Kuala. (Banda Aceh, 3 Juli 2023).

Peserta SMM PTN Barat tersebut akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam 5 sesi pada 3 titik lokasi ujian di USK yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), serta UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan mengucapkan selamat ujian kepada seluruh peserta jalur mandiri tersebut dan berharap mereka bisa menjawab soal-soal ujian ini dengan baik.

Oleh karena itu, Rektor mengingatkan kepada seluruh peserta ujian untuk mempersiapkan dirinya sebaik mungkin, serta memperhatikan dengan cermat seluruh persyaratan ujian. Misalnya, peserta diharapkan hadir 30 menit sebelum ujian dimulai.

“Karena Mandiri ini adalah jalur terakhir untuk masuk PTN. Jadi, kami berharap anak-anak kita ini bisa lulus di kampus dan prodi pilihannya masing-masing,” ucap Rektor.

Pada hari pertama ujian ini, terlihat kondisi atau suasana ujian berjalan lancar dan tertib. Para peserta sudah hadir pada tiga lokasi ujian tersebut meskipun ujian baru dimulai satu jam lagi. Terlihat pula sebagian peserta ujian hadir dengan diantar oleh orang tuanya.

Rektor mengungkapkan, USK telah menyiapkan kuota sebesar 35% untuk jalur Mandiri pada tahun ini. Jumlah tersebut setara sekitar 3000 mahasiswa baru dari total penerimaan mahasiswa baru USK pada tahun 2023 ini.

Sementara untuk dua jalur masuk sebelumnya kuota yang disediakan USK adalah, untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) sebanyak 25% dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) sebanyak 40%.

Rektor menegaskan, meskipun jalur Mandiri ini merupakan jalur seleksi mahasiswa baru yang terakhir, namun USK menjamin bahwa kualitas seleksinya sama dengan dua jalur seleksi sebelumnya yaitu SNBP dan SNBT.

“Setiap tahunnya kita sudah membuktikan, bahwa anak-anak yang lulus dari Jalur Mandiri ini ternyata punya kualitas yang sama dengan jalur seleksi lainnya. Banyak di antara mereka yang berhasil meraih prestasi di kampus ini,” ucap Rektor.[*]