fbpx

USK dan USM Malaysia Sepakat Kolaborasi di Bidang Pertambangan

BANDA ACEH,KABARDAILY.COM – Universitas Syiah Kuala dan Universitas Sains Malaysia sepakat untuk berkolaborasi pada berbagai kegiatan akademik khususnya di bidang pertambangan. Komitmen ini disampaikan delegasi USM yang dipimpin oleh Assoc. Prof. Ir. Dr. Syed Fuad Saiyid Hashim saat mengunjungi USK, dan disambut oleh Wakil Rektor Bidang Akademik USK Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si di Ruang Kerjanya. (Banda Aceh,17 Mei 2024).

Kunjungan delegasi USM ini bertujuan untuk penjajakan kerja sama dengan USK di bidang pertambangan melalui kegiatan Equity World Class University (WCU) USK 2024. Kesepakatan ini juga untuk melanjutkan kerja sama yang telah ada sebelumnya.

Untuk itulah, pada kesempatan itu Agussabti mengatakan, dirinya menyambut baik terjalinnya kesepakatan antara USK dengan USM tersebut. Rencananya, kerja sama ini akan melibatkan beberapa fakultas antara USK dan USM.

“InsyaAllah draf MoU ini sedang kita siapkan. Kita berharap kerjasama ini bisa memberi manfaat yang luas khususnya penguatan institusi baik USK maupun USM,” ucap Agussabti.

Adapun fokus kerja sama ini nantinya adalah pada bidang pertambangan melalui kegiatan student mobility dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Selain itu berbagai peluang kerja sama terkait pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat juga dibahas sesuai dengan kebutuhan Universitas.

“Penguatan kerjasama ini diharapkan dapat memberikan kolaborasi yang positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sejalan dengan tuntutan dunia industri,” ucapnya.

Selanjutnya, Syed Fuad Saiyid Hashim yang merupakan Dosen Pusat Pengajian Kejuruteraan Bahan dan Sumber Mineral USK mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi program kerja sama yang telah dirancang ini.

“USM sangat terbuka dan menerima rencana kerja sama kedua kampus ini. Tinggal kita sesuaikan dengan kebutuhan yang menjadi tujuan, MoU juga sudah kami terima dan siap untuk ditanda tangan,” ucapnya.

Pada kegiatan ini turut hadir Prof. Dr. Ir.. Muhammad Syukri, S.Si, M.T., IPM., ASEAN.Eng sebagai Kepala Bagian Pembelajaran dan MBKM USK. Dirinya menyampaikan bahwa USK sedang merintis kegiatan student mobility ke USM. Rencananya, USK akan mengirim mahasiswanya ke USM sebanyak 5 orang untuk kegiatan MBKM minimal 1 semester.