fbpx

USK Beri Pembekalan 722 Mahasiswa KKN

Banda Aceh,kabardaily.com – Universitas Syiah Kuala memberikan pembekalan kepada 722 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Reguler Periode XXIV tahun 2023. Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan di Gedung AAC Dayan Dawood. (Banda Aceh, 5 Juli 2023).

Kepala Pusat Pengelolaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN) USK Drs. Zulfitri, M.Biomed mengatakan, seluruh mahasiswa KKN tersebut terbagi dalam tiga jenis KKN yaitu KKN Reguler sebanyak 646 mahasiswa, yang akan ditempatkan secara selektif dalam 110 gampong/desa dari 220 gampong yang ada di Pidie Jaya.

Lalu KKN Penugasan (Pemenang video pendek) di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah yaitu sebanyak 76 peserta. Dengan rincian, 42 peserta di Bener Meriah dan 34 peserta di Aceh Tengah.

“Sama seperti KKN Reguler, KKN Penugasan ini bertujuan untuk menguatkan program-program KKN sebelumnya di daerah setempat. Hanya saja, KKN Penugasan ini lebih fokus pada pengembangan ekonomi kreatif di masyarakat,” ucapnya.

Selanjutnya, USK juga memberikan pembekalan kepada 10 mahasiswa yang mengikuti KKN Kebangsaan di Kalimantan Barat. Rencananya, mereka akan ditempatkan di daerah perbatasan Indonesia – Malaysia mulai tanggal 20 Juli – 20 Agustus 2023.

Zulfitri mengungkapkan, tema yang diangkat pada KKN kali ini adalah Melalui KKN USK, Kita Sukseskan Program Jaga Gampong: Penurunan Stunting, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Pemanfaatan Sigap, dan Peningkatan SDM Gampong.

USK sengaja memilih tema tersebut sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan masyarakat gampong yang lebih berdaya dan sejahtera. Untuk itulah, Zulfitri mengingat peserta KKN untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembekalan ini dengan baik, agar pelaksanaan KKN nantinya berjalan optimal.

Pada kesempatan ini Rektor mengatakan, pelaksanaan KKN periode kali ini semestinya dilaksanakan penghujung tahun ini. Namun atas pertimbangan situasi menjelang Pemilihan Umum atau Pemilihan Kepala Daerah, maka USK memutuskan pelaksanaannya pada bulan ini. Hal ini bertujuan agar mahasiswa bisa lebih fokus dalam menjalankan program KKN-nya.
Selanjutnya, Rektor mengingatkan mahasiswa KKN untuk membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat. Hal ini penting agar program-program KNN mereka bisa diterima dan memberi manfaat yang luas bagi kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, pada kegiatan ini Rektor turut menyampaikan dukungannya kepada seluruh peserta KKN, serta menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan KKN kali ini. Khususnya pihak Pemerintah Kabupaten yang telah bersedia menerima kehadiran mahasiswa USK.

“Karena kami berharap, kehadiran mahasiswa ini bisa menghadirkan manfaat bagi masyarakat, yaitu bagaimana mereka bisa memberikan nilai tambah dengan kompetensinya masing-masing, sehingga masyarakat lebih berdaya,” ucap Rektor.

Pada kegiatan ini turut hadir pihak Kejaksaan Tinggi Aceh, BPMG Aceh, Pemkab Pijay, Konsultan Strategi Komunikasi Stunting & Kedeputian ADPIN BKKBN Pusat, serta narasumber lainnya, untuk memberikan materi pembekalan kepada seluruh peserta KKN.[*]