fbpx

Syarwan Joni: 884 SiSWA SMA/SMK Banda Aceh dan Aceh Besar Lulus di  Berbagai PTN Jalur SNBP

BANDA ACEH,KABARDAILY.COM  – Sebanyak 884 pelajar SMA dan SMK Banda Aceh dan Aceh Besar lulus ke berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia,

Informasi itu disampaikan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh-Aceh Besar, Syarwan Joni, S.Pd., M.Pd., Senin (01/4/2024) sore.

Menurut Syarwan, ke 884 pelajar tersebut dinyatakan lulus ke PTN melalui Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP).

Hal ini sesuai dengan hasil pengumuman yang diterbitkan Kemendikbud Ristek pada Selasa 26 Maret 2023 pukul 15.00 WIB, secara serentak seluruh Indonesia, melalui portal SNPMB. “884 siswa SMA dan SMK dari Banda Aceh dan Aceh Besar telah dipastikan lulus diterima sebagai calon mahasiswa baru di berbagai PTN melalui jalur SNBP. Para siswa tersebut terdiri 582 siswa Banda Aceh, dan 302 siswa dari Aceh Besar,” kata Syarwan.

Meningkat dari tahun sebelumnya.

Syarwan menjelaskan, lulusan tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, Kota Banda Aceh tahun sebelumnya 380 meningkat 582 atau  53,02 persen.

Begitupun juga halnya dengan Kabupaten Aceh Besar yang juga terjadi peningkatan dari 218 meningkat *302* atau *38,5* persen. Sehingga jika ditotalkan peningkatan jumlah lulusan tahun lalu dibandingkan tahun ini dari 598 menjadi  884 atau setara  47,8 persen.

FB IMG 1711971271601

Syarwan mengungkapkan, dari data yang diterimanya, tahun ini selain meningkat jumlah lulusan, sebaran PTN yang diterima lebih baik dibanding tahun lalu, 71 persen siswa diterima di Universitas Syiah Kuala di berbagai program studi, sisanya tersebar di Universitas Negeri di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.

Lebih lanjut, pria yang saat ini juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Bidang SMA dan PKLK Disdik Aceh menambahkan, bahwa SNBP merupakan salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru berbasis prestasi akademik dan bersifat non tes. Adapun dua jalur lainnya adalah berbasis tes atau dikenal SNBT dan jalur Mandiri.

Syarwan menyampaikan pada Jalur SNBP, setiap sekolah memiliki peluang kelulusan yang berbeda-beda dari setiap universitas dan program studi pilihan siswa, artinya jika suatu sekolah siswa_eligible-_ nya banyak memilih ke universitas dan fakultas atau program studi yang tingkat persaingannya tinggi maka peluang jumlah kelulusan siswa pada pilihannya tersebut semakin kecil.

Pada tahun ini panitia Nasional SNPMB memberikan syarat khusus kepada seluruh siswa yang telah terdaftar melalui jalur SNBP dan dinyatakan Lulus tidak dapat mendaftar atau mengikuti seleksi jalur UTBK SNBP maupun Jalur Mandiri, dengan kata lain setiap siswa hanya memperoleh satu akun SNPMB.

Ketentuan khusus ini mendorong pihak sekolah untuk lebih intens memberikan bimbingan kepada siswa. Begitupula para siswa, mereka akan lebih serius memlilih fakutas dan prodi pilihan mereka agar peluang lulus mereka tak menjadi sia-sia, ungkap Syarwan.

Yang membanggakan ungkap Syarwan bahwa pada tahun ini Perguruan Tinggi Negeri seperti Universitas Syiah Kuala juga memberikan kesempatan kepada seluruh siswa Aceh yang memiliki bakat minat dan tercatat memiliki prestasi tingkat Nasional bidang tertentu seperti: olahraga, seni, olimpiade, MTQ, Debad Bahasa, dan KTI, dapat memilih jalur SNBP Telenta yang bersifat non tes.

Alhamdulillah dari data laporan sekolah bahwa pada jalur SNBP Talenta, siswa SMA/SMK Banda Aceh dan Aceh Besar di terima Unsyiah sebanyak *33* orang dari total *884* yang diterima pada SNBP. Ke 33 siswa tersebut, mereka diterma pada Fakultas dan Program Study yang relefan dengan prestasi dan talenta yang mereka miliki.

Syarwan bersama jajarannya di kantor Cabang Dinas menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang tanpa henti terus memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa.

“Kami juga mengapresiasi kepada seluruh orang tua/wali yang terus mendukung keberhasilan siswa dalam melanjutkan ke perguruan tinggi sesuai minat dan bakat siswa, baik di PTN di Aceh, PTN pnegeri maupun luar negeri,” katanya.

Lebih lanjut Syarwan Joni menuturkan harapan dan pesan kepada seluruh siswa SMA/SMK Banda Aceh dan Aceh Besar yang telah dinyatakan lulus SNBP, agar hendaknya memiliki komitmen melakukan pendaftaran ulang pada formasi kelulusan yang telah diraih, serta mempersiapkan diri sebaik mungkin.

“Sebaliknya bagi siswa kami yang belum berhasil tetap semangat, masih ada peluang melalui SNBT dan jalur mandiri. Tentunya dengan persiapan yang intensif dan optimal. Terus belajar, berusaha sebaik mungkin melalui pembimbingan yang dilaksanakan di sekolah maupun secara mandiri,” katanya.[]