fbpx

Semarak PKKMB 2023 ISBI Aceh Sambut Mahasiswa Baru

kabardaily.com – ISBI Aceh telah menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023 selama 3 hari yaitu tanggal 14-16 Agustus 2023 yang dipusatkan di Gedung Induk ISBI Aceh selama 2 hari dan 1 hari lainnya diselenggarakan secara outdoor.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dengan Koordinator Pelaksana Achmad Zaki, M.A. yang juga merupakan kepala UPA Bimbingan Karir dan Kewirausahaan, ISBI Aceh.

Dalam pelaksanaannya kegiatan ini juga melibatkan unsur mahasiswa dari Ormawa yang ada di lingkungan ISBI Aceh.
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor ISBI Aceh, Dr. Wildan, M.Pd di ruang Aula Pertunjukan Gedung ISBI Aceh Lantai 2 yang dihadiri oleh beberapa tamu undangan luar serta seluruh sivitas akademi ISBI Aceh.

Rektor menyampaikan pentingnya acara ini sebagai media untuk menyiapkan mahasiswa baru melewati masa transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan kampus, serta membekali beberapa pengetahuan dasar untuk menempuh Pendidikan di ISBI Aceh.

Acara pembukaan PKKMB 2023 dilaksanakan sangat meriah dengan menampilkan kebolehan mahasiswa ISBI dari prodi Tari dan Karawitan yang mempersembahkan tarian tradisional dan kontemporer serta ensamble musik tradisional.

Pada hari pertama, yaitu tanggal 14 Agustus 2023, setelah acara pembukaan, dilaksanakan 2 sesi materi, dengan topik Kehidupan Berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara yang disampaikan oleh Kolonel Infanteri ISSUkandar dari satuan Kodim 0101/KBA, serta topik Pengembangan karakter mahasiswa agar mempunyai sikap sebagai intelektuan, anti kekerasan, anti perundungan, anti narkoba, anti korupsi, untuk mewujudkan kampus sehat yang disampaikan oleh Dedi Andria, SKM, M.Kes.dari BNN Provinsi Aceh.

Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan Ikatan Alumni ISBI Aceh, serta ormawa yang ada di lingkungan ISBI Aceh.
Hari kedua juga menampilkan 3 sesi materi, yaitu Sistim Pendidikan Tinggi di Indonesia yang disampaikan oleh Drs. M. Najib, M.Pd dari LLDikti Wilayah XIII, materi Pentingnya melestarikan adat istiadat dan budaya lokal oleh Prof. Dr. Yusri Yusuf, M.Pd dari Universitas Syiah Kuala.

Dilanjutkan dengan materi Perguruan Tinggi di Era Revolusi 4.0 dan Society 5.0 oleh Dr. Ratri Candrasari yang merupakan wakil rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan ISBI Aceh. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan visi misi institusi, jurusan, dan prodi.

Hari ketiga merupakan hari terakhir kegiatan PKKMB 2023 dengan agenda outbond yang di pimpin langsung oleh Achmad Zaki, M.A dibantu koordinator lapangan Ronald dari unsur mahasiswa. Acara berlangsung sangat meriah dan antusias dari peserta PKKMB 2023 melalui permainan lapangan untuk memupuk rasa persaudaraan, Kerjasama, dan kepemimpinan.

Acara ditutup dengan pentas seni persembahan mahasiswa baru dari setiap program studi dan penyerahan mahasiswa baru dari panitia ke unsur akademik ISBI Aceh yang selanjutnya diserahkan ke jurusan dan prodi masing-masing.

Penutupan secara resmi dilakukan oleh kepala Humas ISBI Aceh, Ichsan, M.Sn mewakili rektor. Di akhir acara ditutup dengan bersalam salaman dari unsur panitia khususnya mahasiswa senior dan mahasiswa maba, dan foto bersama.

Kesan dari peserta sangat positif seperti diungkapkan oleh salah seorang Maba yang bernama Fadila Zahra dari Kutacane yang menyampaikan rasa terima kasih dan gembiranya selain acara PKKMB yang semarak juga fasilitas tempat acara yang sejuk, nyaman dan juga mendapat goodie bag berisi pedoman PKKMB 2023 ISBI Aceh, lunch box tempat makan, Tumbler tempat minum, dan kipas berbaterai gratis serta keramahan panitia. ISBI berkarya, ISBI berjaya.