fbpx

Kisah Unik Mahasiswa Magister Ilmu Kebencanaan USK, Kuliah Naik Pesawat dan Cumlaude

BANDA ACEH,KABARDAILY.COM – Mahasiswa Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala (USK), Nasliati, S.Kom., M.Si sukses lulus dengan predikat cumlaude dan meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna 4.00 dalam waktu singkat, hanya 1,7 tahun.

Keberhasilan ini semakin istimewa mengingat perjalanan akademis Nasliati yang berbeda dari kebanyakan mahasiswa lainnya. Berdomisili dan bekerja di Jakarta, Nasliati harus menempuh perjalanan udara setiap minggu ke Banda Aceh demi mengikuti perkuliahan.

Semangat dan dedikasi yang tinggi ditunjukkan dengan perjalanan yang ditempuhnya secara rutin menggunakan pesawat terbang untuk menghadiri kelas di hari Jumat-Sabtu, demi memenuhi kewajiban akademis lainnya.

“Saya ingin mengenang perjalanan awal saya kuliah di USK. Saya menempuh perjalanan dari Jakarta ke Aceh setiap akhir pekan untuk mengikuti perkuliahan. Pengalaman ini mengajarkan saya tentang dedikasi, kegigihan, dan semangat pantang menyerah dalam meraih mimpi,” kata Nasliati.

Dalam pidatonya pada acara wisuda lokal Pascasarjana yang dilaksanakan di Gedung Pascasarjana USK pada tanggal 14 Mei 2024, ia menyampaikan rasa syukurnya. Terima kasih kepada Sekolah Pascasarjana USK yang telah memberikan kesempatan kepadanya sebagai perwakilan dari mahasiswa untuk memberikan kesan dan pesan selama menempuh pendidikan di sini. Seperti para dosen yang telah membimbing dan mengantarkannya dalam perjalanan akademik ini.

“Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada staf prodi dan staf sekolah pascasarjana USK yang selama ini telah banyak membantu kami secara administrasi. Kepada teman-teman seangkatan, terima kasih telah berbagi keceriaan dan dukungan selama masa perkuliahan,” ucapnya.

Nasliati juga berbagi kenangan dan pengalaman selama masa studinya, termasuk keterlibatannya dalam program Joint Supervision dan Research Attachment di Kobe University-Jepang, serta penelitian kolaborasi dengan Griffith University yang didanai pemerintah Australia melalui KONEKSI.

“Kesempatan ini membuka mata kami terhadap dunia akademik yang lebih luas, memperkaya wawasan, dan memperkuat jaringan pertemanan dengan para akademisi dari berbagai negara,” ungkapnya.

Koordinator Program Studi Ilmu Kebencanaan USK, Dr. Rina Suryani Oktari menyampaikan apresiasi yang tinggi atas pencapaian Nasliati. Menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain dan menunjukkan bahwa dengan kerja keras, dedikasi, dan dukungan yang tepat, impian untuk meraih prestasi akademik yang gemilang bisa terwujud.

“Mahasiswa seperti Nasliati menunjukkan bahwa meskipun ada kendala jarak dan waktu, komitmen untuk pendidikan tetap dapat dijaga. Ini adalah pencapaian luar biasa yang patut dicontoh,” ujar Rina.