fbpx

Jajaran Pemkab Aceh Besar Shalat Ied Bersama Ribuan Warga Kota Jantho di Lapangan Bungoeng Jeumpa

Dilanjutkan open house di pendopo Bupati dan Rumah Sekda

KOTA JANTHO,KABARDAILY.COM –  Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, Forkopimda, Sekda Sulaimi, beserta Jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menunaikan shalat Idul Fitri 1445 H,bersama ribuan warga Kota Jantho dan sekitarnya di lapangan Bungoeng Jeumpa, Kota Jantho, Rabu (10/4/2024) pagi.

Ribuan warga hanyut dalam lantunan takbir yang dikumandangkan sebelum shalat sunnah Idul Fitri dilaksanakan dan Ustadz Muhammad Aufa Alwan memimpin shalat Id dua rakaat tersebut tepat pukul 07.30 WIB.

FB IMG 1712802510137

Pj Bupati Iswanto usai sholat Ied, selain bersama jajaran OPD, juga menyapa warga sekaligus bersalaman sambil mengucapkan minal aidil wal faizin, maaf lahir batin. “Minal aidil wal faizin, Pak !Mohon maaf lahir batin,” ucap Iswanto.

Sebelumnya, Ustadz Helmi Nasution dari Sumatera Utara yang bertindak sebagai Khatib mengutarakan hakikat Idul Fitri sebagai hari kemenangan seorang muslim setelah satu bulan lamanya berpuasa dan berjuang melawan hawa nafsu, serta dengan ditunaikannya kewajiban zakat fitrah, hingga seorang muslim akan kembali suci seperti seorang bayi yang baru saja dilahirkan, setelah melewati Bulan Ramadhan dengan amalan yang sempurna.

“Dengan kita berpuasa dan melawan hawa nafsu, jika didasari iman dan mencari ridha Allah, maka Allah akan mengampuni dosa dosa yang telah dilakukan. Sehingga datangnya Idul Fitri dimaknai kembali kepada kesucian, dimana seseorang diibaratkan sebagai bayi yang baru lahir, yang bersih dan suci.” jelas Helmi Nasution.

Pada kesempatan itu, Khatib juga mengajak jamaah shalat Idul Fitri untuk terus mempertahankan tiga hal setelah berlalunya bulan Suci Ramadhan, yaitu mempertahankan semangat beribadah, semangat berinfak atau bersedekah, dan semangat untuk senantiasa mempertahankan diri dari godaan hawa nafsu.

“Jangan hanya menjadi hamba Allah yang sungguh sungguh di bulan Ramadhan saja, namun juga harus taat menjalankan ibadah kapan saja di luar bulan Ramadhan,” ujar Ustadz Helmi Nasution.

Khatib mengingatkan jika agamalah yang mendampingi ummat dari dunia hingga akhirat.

“Mari kita sepenuhnya berniat agar terbebas dari celaka dunia dan akhirat dengan mengamalkan perintah Allah dalam setiap tuntutan agama Islam,” kata Helmi.

Suasana pelaksanaan shalat Ied di lapangan Bungoeng Jeumpa, terlihat keakraban masyarakat umum dengan jajaran ASN Pemkab Aceh Besar dengan penuh kehangatan dan persaudaraan. Hal itu semakin terasa saat para jamaah saling bersalaman dan bermaaf-maafan selesai pelaksanaan shalat Idul Fitri. Senyuman kebahagiaan nampak dari wajah para jamaah dalam menyambut hari kemenangan ini.

Usai shalat ie, Pj Bupati Muhammad Iswanto juga membuka open house kepada para jamaah dan juga warga serta para pejabat dan ASN Pemkab Aceh Besar di Meuligoe Bupati Aceh Besar. Open house juga dilaksanakan oleh Sekda Aceh Besar di rumah dinasnya.(**)