29.3 C
Banda Aceh
BerandaPeristiwaDaerahGerakan SDN Keude Bieng Menulis

Gerakan SDN Keude Bieng Menulis

SANTERDAILY.COM |ACEH BESAR—Pagi yang cerah, hari ini Rabu, 20 Februari 2019 kegiatan literasi Tim III sudah dijadwalkan di SDN keude Bieng. Sekolah tersebut terletak di Jl. Banda Aceh-Meulaboh, Km 11,5, kecamatan Lhok Nga, Kabupaten Aceh Besar, Propinsi Aceh. Di kecamatan ini juga terdapat satu-satunya pabrik semen yang ada di Aceh yaitu PT. Lafarge Cement Indonesia.

Seperti biasa sebelum menuju tempat kegiatan literasi, saya berangkat ke sekolah terlebih dahulu, menyapa siswa dan mengontrol kelas. Setelah semuanya selesai, saya menuju ke SDN Keude Bieng yang berjarak 22,5 km, dengan waktu tempuh menggunakan mobil lebih kurang lebih 50 menit. Sepanjang perjalanan kita akan melihat hamparan sawah nan hijau dan bukit-bukit yang tinggi. Begitu kita masuk perbatasan Kecamatan Lhoknga kita disuguhi dengan pemandangan kiri kanan jalan pedagang-pedagang kerajinan anyaman dari rotan, mereka berjualan sepanjang tahun.

Baca juga :  Kegiatan Literasi di SDN Keude Bieng

Tibalah saya di SDN Keude Bieng yang suasananya masih banyak pepohonan karena memang terletak jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Sampai disana saya langsung menuju ke kantor kepala sekolah, di dalam ruangan sudah ada teman satu Tim saya Pak Rusydi, S.Ag yang memang sudah tiba lebih dulu. Ada pula ibu kepala sekolah Ainul Mardhiah, S.Pd yang memang kami sudah kenal sebelumnya saat tahun 2018 sama-sama sebagai Tim Pembuat Soal USBN SD Kabupaten Aceh Besar.

Kami mengobrol ringan sejenak. Kemudian kami keluar menuju lapangan depan sekolah, kegiatan hari ini diawali dengan sesi foto bersama, berhubung Kepala sekolah tidak bisa menunggu sampai acara selesai karena ada rapat yang harus dihadiri.

Selesai foto bersama kami Tim Literasi beserta kepsek, guru, dan siswa memasuki ruang KKG SDN Keude Bieng. Acara dimulai dengan kata sambutan dan pengarahan dari kepala sekolah SDN Keude Bieng Ainul Mardhiah, S.Pd, beliau berpesan kepada siswa supaya mengikuti kegiatan dengan serius dan hasil karya hari ini akan dipajang di mading sekolah dan hasil selanjutnya akan dijadikan sebuah buku.

Kemudian Rusydi, S.Ag selaku koordinator Tim Literasi Aceh Besar memaparkan bahwa dahulu pada masa Khulafaur Rasyidin Islam sangat berjaya, maka beliau mengajak generasi sekarang supaya bisa membangkitkan kembali masa kejayaan itu, salah satunya dengan menjadi penulis yang hebat.

Kegiatan inti diisi oleh Sri Afriani, S.Pd dengan memberikan motivasi kepada siswa untuk membangkitkan semangatnya dalam menulis dan memaparkan beberapa langkah menulis. Setelah mendengar beberapa penjelasan, siswa mulai menulis sesuai dengan tema yang dipilihnya.

Saat siswa menulis, tim literasi sekolah terus mendampingi siswanya. Disaat siswa asyik menulis, rupanya tim literasi sekolah, Nur Aida S.Pd dan Fitriana, S.Pd juga sibuk menulis, akhirnya bukan hanya tulisan siswa yang kami dapat hari ini, gurunya pun menghasilkan tulisan.

Sepanjang kegiatan M. Nazir, guru olahraga di sekolah tersebut paling aktif mengatur jalannya kegiatan hari ini. Beliau setia mendampingi kegiatan ini sampai selesai dengan memastikan semua alat elektronik berfungsi dengan baik.

Setelah siswa selesai menulis, beberapa diantaranya mendapat kesempatan untuk membacakan di hadapan peserta, yaitu Syafa Humaira dengan karyanya “Sahabatku”, Annisa Olivia dengan karyanya “Sahabat”, dan M.Ijlal Fahrezi dengan karyanya “Asyiknya Bermain Bersama Kawan Baru” dan masih banyak lagi.

Setiap penampilan temannya di depan, tim literasi dan guru selalu memberikan apresiasi untuk membangkitkan rasa percaya diri mereka. Jam menunjukkan pukul 13.00 siang, tetapi semangat siswa dalam menyanyikan lagu daerah “Tanoh Lon Sayang” sebagai penutup acara hari ini sangat menggema seluruh ruangan, semangat mereka masih seperti pukul 08.00 pagi. Hari ini SDN Keude Bieng semuanya menulis.

Semoga ke depannya mereka dapat menghasilkan buku yang dapat menginspirasi bagi semua orang.

Penuis : Sri Afriani, S.Pd
Tim Literasi Aceh Besar

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

31,112FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Related News

Indonesia
6,050,958
Total confirmed cases
Updated on May 17, 2022 17:37
Indonesia
156,464
Total deaths
Updated on May 17, 2022 17:37
Indonesia
4,697
Total active cases
Updated on May 17, 2022 17:37