fbpx

Camat Lut Tawar Sosialisasi Pelaksanaan RKP Kampung kepada Kepala Desa

Aceh Tengah,kabardaily.com  -Menindaklanjuti surat Bupati Aceh Tengah Nomor: 414/1971/DPMK tanggal 27 Juli 2023 Tentang Penyusunan RKPKampung, Camat Lut Tawar, Hardi Selisih Mara, ST, MM mengundang seluruh Kepala Desa (Reje) dan Sekretaris Desa (Banta) ke kantor Camat Lut Tawar, Rabu (9/8/2023), guna membahas berbagai hal terkait perencanaan pembangunan kampung tahun 2024. Hadir juga para Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Lut Tawar.

Pertemuan yang bertajuk sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terkait dengan isu strategis, teknis penyusunan RKPKampung dan mempertegas siklus perencanaan.

Hardi Selisih Mara dalam arahannya berharap terjadi komunikasi yang baik antara Pemerintah Kampung Dan Rakyat Genap Mupakat (RGM) nantinya dalam proses perencanaan untuk mengurangi potensi konflik di kampung.

“Komunikasi yang baik menjadi modal awal sinergitas antara Reje dan RGM. Ini kunci” sebut Hardi.

Koordinator Kecamatan (Korcam) P3MD Lut Tawar, Alpin Fajri yang menjadi Narasumber selanjutnya menyampaikan materi terkait Teknis Penyusunan RKPKampung. Ia menerangkan secara teknis alur penyusunan RKPKampung, termasuk perihal kewajiban Musyawarah Kampung, selanjutnya memberikan penegasan bahwa perlunya menerapkan siklus perencanaan dengan baik, agar saat pelaksanaan kegiatan lebih terarah.

“Kami berharap Tahapan Perencanaan RKPKampung bulan ini harus sudah dimulai dan Tim Penyusun sudah mulai bekerja” kata Alpin.

Pada sesi diskusi, beberapa Reje menyampaikan uneg-uneg terkait perbedaan pandangan dan ketidaksepahaman dengan RGM dalam penyusunan program. Beberapa Reje berharap materi yang disampaikan hari ini juga disampaikan kepada RGM agar adanya kesepahaman di tingkat kampung.

Seluruh Reje dan Banta kemudian menyepakati bahwa mereka siap untuk menyelesaikan proses perencanaan di tingkat kampung sesuai dengan tahapan yang sudah ditentukan. (MA)