fbpx

Takjub dengan Program Tahfiz Aceh Besar, Kepala Atase Agama Saudi Pakaikan Jubah Arab kepada Pj Bupati

Jakarta,kabardaily.com – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, menjumpai Kepala Atase Agama Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi, Syekh Ahmed Bin Essa Alhazmi dikantornya, di Jakarta, Selasa (25/7/2023). 

Kunjungan tersebut dilakukan Pj Bupati Iswanto sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih atas respon Kedutaan Besar Arab Saudi terhadap permintaan Al-Quran Tahfiz cetakan Madinah beberapa waktu lalu dari Pemkab Aceh Besar.

Selain itu, Kedubes Arab Saudi juga memberikan bantuan kitab Ar-Rahiqul Makhtum karya ulama India Syech Shaufiurrahman Almubarakfury. Kitab itu meraih juara pertama dalam lomba menulis Sirah Nabawiyah yang diselenggakan oleh King Faisal Foundation.

Dalam pertemuan tersebut, Syekh Ahmed memakaikan jubah Arab kepada Muhammad Iswanto sebagai bentuk penghormatan dan kebahagiaan dirinya terhadap program penguatan pendidikan hafal Al-Quran yang dilakukan Pj Bupati di Aceh Besar.

Syekh Ahmed mengaku siap mendukung penuh program yang dijalankan Pj Bupati Aceh Besar itu. Dalam waktu dekat insya Allah ia juga akan berkunjung khusus ke Kabupaten Aceh Besar dan menambah jumlah mushaf yang akan dibantu saat kunjungannya.

Sementara itu, Pj Bupati Muhammad Iswanto SStp MM, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas respon Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi terhadap permintaan Al-Quran cetakan Madinah dari dirinya. Dimana Kedubes Arab Saudi mengirimkan 800 mushaf Al-Quran untuk Aceh Besar.

“Alhamdulillah, kini Al Quran tersebut sudah dalam proses pengiriman ke Aceh Besar dan dalam waktu dekat akan kita edarkan ke beberapa lembaga pendidikan tahfiz yang ada di Aceh Besar, semoga kualitas hafalan anak-anak Aceh Besar makin meningkat dengan adanya cetakan Al-Quran cetakan Madinah ini,” kata Iswanto.

img 20230725 wa00491

 

Pj Bupati Aceh Besar mengatakan, penguatan lembaga tahfiz merupakan lanjutan dari program Bupati sebelumnya. Program tersebut bertujuan untuk mencetak imam shalat yang Hafiz di setiap gampong.

“Pasca tsunami, banyak lembaga tahfiz di Aceh Besar dibantu Arab Saudi dan negara Arab lainnya di Timur Tengah,” kata Iswanto.

Selain itu, kata Iswanto, penguatan program tahfiz juga bertujuan agar anak-anak Aceh Besar berprestasi di berbagai ajang Musabaqah Al-Quran baik di tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

“Sekali lagi kami menyampaikan terima kasih atas bantuan untuk Aceh Besar dan menyambut kedatangan kami dengan begitu baik di Kantor Atase Agama Kedubes Saudi Arabia ini,” tutur Iswanto.

Dalam pertemuan hangat dan akrab yang lebih satu jam itu, Pj Bupati juga diajak Syekh Ahmed berkeliling melihat setiap sudut kantor sambil berfoto bersama. Dalam kesempatan itu, Syekh memperlihatkan foto dan silsilah raja yang pernah memimpin Arab Saudi.

Usai pertemuan, Pj Bupati dan rombongan diantar langsung kepulangannya oleh Syekh Ahmed hingga ke gerbang kantor dan dilakukan penyerahan simbolis mushaf tersebut.

Hadir langsung mendampingi Pj Bupati Aceh Besar, Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Besar Rusdi SSos MSi, Kadis Sosial Bahrul Jamil SSos MSi, Kepala DPMG Carbaini SAg, Kadis Pertanahan Aliyadi SPi MM, Anggota Majelis Pendidikan Daerah Kabupaten Aceh Besar, Teungku Tgk H Fakhruddin Lahmuddin MPd.