fbpx

Syukur itu Jangan hanya Diucapkan saja, Tetapi harus Dilakukan

KABARDAILY.COM  |  KAJIAN MOTIVASI –Bersyukur, kata ini merupakan kata paling ampuh di saat kita sedang dilanda masalah dan kesempitan. Syukur, secara harfiah berasal dari kata dalam Bahasa Arab, Syakara, yang artinya adalah berterimakasih.

Yakni antara manusia dengan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sering kita mendengar kewajiban untuk selalu bersyukur dalam segala kondisi, baik susah maupun senang.
Sebenarnya, mengapa kita harus bersyukur?

✔Karena Nikmat Allah yang Tak Terhingga

Nikmat yang diberikan Allah bukan hanya dalam bentuk materi seperti uang dan kekayaan yang melimpah.
Nikmat hidup, memiliki tubuh yang sempurna, sehat fisik dan mental adalah nikmat yang tak bisa kita elak.

Betapa indahnya, ayat Al-Quran pada surat Ar-Rahman yang artinya, “Nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan?” Karena sesungguhnya, nikmat Allah benar-benar tak terhingga.

✔Ada Kelapangan di Balik Rasa Syukur

Pernah merasa sangat sedih?
Putus asa karena banyak hal yang kamu impikan tidak berjalan dengan lancar. Saat terpuruk seperti ini, bersyukur adalah cara yang paling dianjurkan Islam.
Seperti kekuatan senyum saat kita terluka, bersyukur membuat hati kita lebih lapang dan lebih kuat menjalani hari-hari selanjutnya.

Coba selalu mengucap Alhamdulillah untuk mensyukuri apa pun yang masih kamu miliki. Lihat masalah dengan kacamata yang positif untuk bisa mendapatkan apa yang bisa kamu syukuri. Resapi dan renungkan, kamu akan merasa ada kelegaan tersendiri bahkan ketika kamu sedang merasa sedih.

✔Janji Allah Tentang Orang-orang Bersyukur

Dengan bersyukur Allah akan senantiasa menambahkan nikmat yang diberikan, namun bila kita mengingkari nikmat yang Allah berikan maka sesungguhnya azab Allah sangat pedih.

“Sesungguhnya barang siapa yang bersyukur, maka akan Kutambah nikmatmu, dan barang siapa yang mengingkarinya, maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih.”
(Q.S. Ibrahim : 7)

Salah satu cara untuk bersyukur adalah dengan sedekah atau berbagi apa yang sudah kita miliki dengan orang lain yang membutuhkan, seperti bersedekah harta maupun ilmu. Karena sesungguhnya, berbagi tidak akan membuat seseorang kekurangan. Sebaliknya, dengan berbagi, segala nikmat justru akan ditambahkan Allah.

✔Bersyukur Membuat Hidup Bahagia

Kunci hidup bahagia salah satunya adalah dengan bersyukur. Mensyukuri apa yang sudah diberikan Allah akan membuat hidup kita terhindar dari rasa iri, riya, dan sifat-sifat buruk lainnya. Kita tidak perlu pusing dengan persaingan kekayaan orang lain, karena kita selalu bisa bersyukur. Kita juga tidak perlu dirundung keputusasaan jika banyak hal yang tidak berjalan sesuai harapan, karena bersyukur membuat kita lapang. Dengan begitu, hidup akan lebih tenang dan juga bahagia.

Wallahu a’lam bish-shawab.
Semoga Allah selalu memberikan petunjuknya bagi kita semua.

Materi Training/Seminar Rezeki Healing
Aplikasi TERAPI BERSYUKUR

Salam Rezeki Berlimpah

Anaz Almansour (Wan Abi)
Gus Amet
Founder Rezeki Healing

Komunitas Rezeki Berlimpah (Rezeki Healing)
Telegram : bit.ly/MRH_JoinTelegram

#rezekihealing