fbpx

Seramoe Berkah IPTEK Jajaki Kerjasama dengan DUDI Malaysia

KABARDAILY.COM – Seramoe Berkah IPTEK Pidie Aceh menjajaki kerjasama dengan beberapa dunia usaha dan industri (DUDI) di Malaysia dengan mengunjungi perusahaan tersebut, Selasa-Kamis, 14-17 Mei 2024.

Selain menjalin hubungan kerjasama dengan DUDI, Seramoe Berkah IPTEK juga melawat ke sejumlah universitas di negara bagian untuk melakukan MoU (Memorandum of Understanding) atau sering dikenal sebagai ‘Nota Kesepakatan’.

Ketua delegasi Seramoe Berkah IPTEK Aceh Syamsuddin bin Abdullah, S.Pd.,M.Pd kepada PIKIRAN ACEH, Jumat (17/05/2024) mengatakan, kunjungan ke Malaysia dilakukan dalam rangka menjalin hubungan kerjasama kedua pihak dengan beberapa calon mitra di negeri Jiran tersebut.

Ia menjelaskan, sebagai lembaga yang memiliki visi membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) di Aceh khususnya jalur institusi pendidikan baik formal maupun informal, pihaknya ingin memfasilitasi para siswa, guru, mahasiswa bahkan dosen termasuk didalamnya mengembangkan dan memperkuat dunia vokasi Aceh-Malaysia melalui kegiatan akademik dan non-akademik.

Selain itu, tambah Syamsuddin, delegasi yang dipimpinnya ini juga mengikutsertakan pengusaha Aceh guna menjajaki potensi hubungan kerjasama perdagangan dengan pengusaha yang ada di Malaysia. “Alhamdulillah kami telah berhasil merumuskan beberapa rencana tindakan nyata yang akan kita lakukan kedepan bersama para mitra di Malaysia.”

Meskipun demikian, nantinya juga akan ada kunjungan balasan dari pihak Malaysia ke Aceh, dalam rangka tujuan yang sama untuk melihat secara dekat dan menilai apa kebutuhan prioritas yang mungkin segera dilakukan eksekusi program atau kegiatan kerjasama tersebut.

“Setidaknya sudah ada tujuh mitra Malaysia yang telah menandatangani nota kesepahaman dengan Seramoe Berkah IPTEK. Dua diantaranya adalah perguruan tinggi yakni UPM dan UKM, selebihnya merupakan perusahaan (industri) yang bergerak diberbagai bidang bisnis,” pungkas Syamsuddin.[ HAM ]