fbpx

Sebanyak 145 Gampong Aceh Besar Sudah Terima DD Tahap II

Kota Jantho,kabardaily.com – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP MM melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kabupaten Aceh Besar Carbaini S.Ag mengatakan 145 gampong dalam kabupaten Aceh Besar telah menerima Dana Desa (DD) tahap II, Kota Jantho, Kamis (15/6/22023).

“145 Gampong sudah menerima DD tahap 2, sementara sisanya masih dalam proses, kalau tahap I sudah selesai semua,” katanya.

Carbaini menambahkan bahwa Pj Bupati Aceh Besar dalam beberapa pertemuan mengharapkan agar dana desa yang telah diterima supaya dapat dimanfaatkan sesuai dengan perencanaan, tepat sasaran dan melalui pengawasan yang baik, supaya hasilnya juga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, terutama dalam rangka menurunkan angka kemiskinan dan antisipasi stunting.

“Manfaatkan DD dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat terutama dalam penanganan kemiskinan dan antisipasi stunting,” katanya, sebagaimana harapan Kementrian Desa RI terkait prioritas pemanfaatan dana desa.

Ia menjelaskan untuk pencairan DD tahap II, gampong harus menyampaikan laporan realisasi penyerapan dan laporan capaian penggunaan DD tahun anggaran 2022, serta laporan realisasi penyerapan DD tahap I dan capaian penggunaan anggaran minimal 35 persen. “Syarat ini paling cepat disampaikan bulan Maret dan paling telat pada 24 Agustus 2023,” ujarnya.

Carbaini juga mengatakan berdasarkan arahan Pj Bupati, agar bersama-sama pendamping Kabupaten, Camat, Keuchik dan Pendamping Gampong supaya bersinergi dan bahu-membahu agar proses, realisasi dan pengawasan dana desa untuk selalu berjalan sebagaimana mestinya supaya masyarakat dapat merasakan langsung manfaatnya dan dapat menjadi contoh bagi daerah lain.

“Aceh Besar akan berusaha menjadi yang terbaik dan dapat menjadi contoh bagi daerah lain,” tutup Carbaini.[*]