fbpx

PT Pelindo Multi Terminal Bersih-Bersih Pantai Lampuuk

Pj Bupati Aceh Besar Beri Apresiasi

Aceh Besar,kabardaily.com – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Disparpora ) Abdullah SSos, menghadiri kegiatan Indonesia Coastal Clean-Up (Pembersihan Pantai) yang diselenggarakan oleh PT Pelindo Multi Terminal Regional 1 berkerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia 2023.

Aksi bersih pantai yang melibatkan para ASN, pegawai Pelindo, para duta wisata dan aktivis lingkungan itu, berlangsung di Pantai Lampuuk Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Sabtu (10/06/2023)

Kadisparpora Aceh Besar, Abdullah S.Sos  bersama PT Pelindo Multi Terminal Regional 1 memberikan kata sambutan dalam acara kegiatan bersih pantai di Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Sabtu (10/06/2023).

Dalam sambutannya, Abdullah mewakili Pj Bupati Aceh Besar menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar sangat mengapresiasi serta mendukung program atau aksi bersih pantai yang diadakan oleh PT Pelindo Multi Terminal Regional 1 wilayah Aceh.

“Karena, aksi bersih pantai termasuk salah satu program yang sedang dijalankan oleh Pemerintah Aceh Besar, yang kami sebut dengan nama aksi Satu Jam Memungut Sampah dan sampai saat ini masih berjalan,” ujar Abdullah.

Menurutnya, kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama, khususnya masyarakat. Pemerintah memfasilitasi dan memberikan dukungan. “Namun, yang lebih penting adalah kesadaran masyarakat itu sendiri, agar membuang sampah pada tempatnya,” ucapnya.

Selain itu, Pantai Lampu’uk merupakan salah satu pantai wisata yang paling digemari oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara untuk saat ini. “Oleh karena itu, kami harap kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan Pantai Lampuuk sangat dibutuhkan, supaya tetap menjadi lokasi wisata yang bersih dan nyaman bagi pengunjung,” harap Abdullah

Sementara, Direktur Utama PT Pelindo Multi Terminal Yon Irawan mengatakan, aksi bersih pantai merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar. “Dan, menjadi sarana edukasi bagi masyarakat, supaya sadar menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya

Dalam kegiatan bersih pantai ini, lanjut Yon Irawan, pihak PT Pelindo Gruop melaksanakan Coastal Clean-Up secara serentak pada empat titik lokasi di masing-masing Regional. “Untuk regional satu, kami memilih pantai wisata Lampuuk, sedangkan lokasi lain, ada di Marina Ancol, Semarang dan Sulawesi,” paparnya.

Selain itu, Yon Irawan mengatakan Pelindo Group melalui program bersih pantai juga menyerahkan bantuan kepada masyarakat dan penjaga pantai.

“Bantuan ini berupa peralatan pendukung untuk pengelolaan sampah, seperti tempat sampah dan peralatan lainnya. Sebetulnya, bantuan yang diberikan bukanlah yang hal paling utama. Tapi, juga untuk memancing supaya budaya menjaga kebersihan lingkungan itu bisa dilaksanakan oleh semua masyarakat,” ungkapnya

Ia juga berpesan kepada semua pengunjung dan masyarakat, bahwa pantai Lampuuk milik bersama, ini salah satu wajah Kabupaten Aceh Besar yang bisa dipromosikan kepada wisatawan luar yang berkunjung ke Aceh.

“Mari, kita jaga bersama, karena kalau bersih otomatis para pengunjung akan nyaman, terutama keberadaan sampah plastik yang susah di daur ulang dan bukan hanya pantai, tapi laut juga harus dijaga kebersihannya,” tutupnya. (**)