fbpx

Prodi MPBEN FKIP USK Bekali Mahasiswa Public Speaking: Pilih Grogi atau Percaya Diri

BANDA ACEH,KABARDAILY.COM  – Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBEN) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala (USK) mengadakan workshop bertajuk Public Speaking “Pilih Grogi atau Percaya Diri.”

Workshop yang diikuti oleh mahasiswa dan dosen itu berlangsung selama sehari di ruang belajar Doktoral FKIP USK, Sabtu (18/5/2024).

Workshop ini menghadirkan narasumber ahli, Teuku Aulia Zailian, pakar komunikasi public speaking yang telah berpengalaman dalam melatih public speaking di berbagai institusi dan dikenal luas di kalangan komunitas akademisi dan profesional.

Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP USK, Prof Asmawi Muslem dalam sambutannya menyampaikan, bahwa workshop ini bentuk komitmen prodi MPBEN dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa.

“Prodi ini terus berkomitmen untuk menyediakan berbagai workshop yang bermanfaat bagi pengembangan kompetensi mahasiswa, baik dalam bidang bahasa maupun keterampilan lainnya yang mendukung keberhasilan mereka di masa depan.” Papar Asnawi

Sementara itu Koordinator Prodi MPBEN, Dr Iskandar Abdul Samad menyampaikan, apresiasinya terhadap antusiasme para peserta workshop.

“Kami bangga melihat semangat para peserta dalam mengikuti setiap sesi workshop, dan berharap keterampilan yang mereka dapatkan selama workshop ini dapat diterapkan dalam kegiatan akademik dan profesional mereka di masa mendatang,” ucap Iskandar.

Ia juga berharap bahwa workhop ini dapat membantu para mahasiswa prodi MPBEN untuk dapat tampil secara kompeten pada ujian seminar proposal, seminar hasil dan juga seminar akhir thesis mereka.

Narasumber, Teuku Aulia Zailian dalam paparannya menyampaikan, bahwa keterampilan public speaking ini sangat penting dimiliki oleh mahasiswa dan dosen.

“Keterampilan berbicara di depan umum atau sering disebut dengan public speaking adalah hal yang sangat penting, tidak hanya dalam dunia akademik tetapi juga di kehidupan profesional,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Popon ini menambahkan, ia berharap dapat membantu peserta untuk mengatasi rasa grogi menjadi percaya diri saat berbicara di depan publik.

Para mahasiswa dan dosen mengikuti berbagai sesi pelatihan yang meliputi cara mengatasi rasa grogi, penyusunan materi presentasi yang efektif.

Kemudian bisa praktek langsung berbicara di depan audiens. Para peserta juga mendapatkan tips praktis tentang cara menarik perhatian pendengar dan menjaga agar mereka tetap fokus selama presentasi berlangsung.

Salah satu peserta, Akhlis Yaumil Akhir, mahasiswa Prodi MPBEN FKIP USK mengungkapkan, rasa senangnya setelah mengikuti workshop ini.

“Saya merasa lebih percaya diri setelah mengikuti pelatihan ini. Banyak teknik yang sebelumnya tidak saya ketahui ternyata sangat membantu dalam mengurangi rasa grogi saat berbicara di depan banyak orang,” kata Yaumil.

Hadir pada workshop ini diantaranya, Prof Asnawi Muslem, Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Dr Iskandar Abdul Samad, Koordinator Prodi MPBEN, Dr Dian Fajrina.

Kemudian hadir juga Koordinator Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, Dr Muhammad Aulia, Dosen Prodi MPBEN dan puluhan mahasiswa Prodi MPBEN dan MPBI.(*)