fbpx

Penginputan IDM Aceh Tengah sudah 85,8 Persen

Aceh Tengah,kabardaily.com – Dari total 295 kampung di Aceh Tengah, 253 kampung sudah selesai melakukan penginputan kuisioner Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2023 dan sudah ditandangani Berita Acara di level kampung. Secara persentase, angka tersebut sama dengan 85,8 persen. Hal itu disampaikan oleh Iwan Sentosa, SP, Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA-P3MD) Aceh Tengah yang menangani masalah IDM, Sabtu (24/6/2023) di Takengon.

Targetnya besok Minggu (25/6/2023) semua kampung harus selesai melakukan penginputan kuisioner sekaligus dibuktikan dengan adanya Berita Acara tingkat kampung.

Iwan kepada media ini menyampaikan progres ini tak terlepas dari kerja keras semua pihak, diantaranya para Pendamping Desa (PD), Pendamping Lokal Desa (PLD), Operator Kampung, Bidan Desa, Kader Pembangunan Manusia (KPM), Reje dan jajarannya, dan pihak lainnya termasuk para Camat yang telah mengkordinir kegiatan dengan baik.

“Terima kasih, mudah-mudahan besok, walaupun hari libur, ini semua tuntas” sebut Iwan, yang sebelumnya lama bertugas di Bener Meriah.

Sementara itu, Subhan, Kordinator P3MD Kecamatan Pegasing kepada media ini menyampaikan bahwa semua kampung di Pegasing sudah tuntas penginputan IDM sejak kemarin.

“Alhamdulillah, berkat kerjasama semua pihak, selesai juga. Kita kebut siang dan malam” kata Subhan lebih lanjut.

Sebagaimana diketahui, penginputan IDM tahun 2023 lebih rumit. Tahun sebelumnya jumlah kuisioner hanya 700-an, tahun ini menjadi 1500-an. Belum lagi terkendala dengan aplikasi yang sering error. Namun dengan kerja keras dan kerja cerdas, semua bisa diselesaikan.(MA)