fbpx

Mahasiswa Prodi MPBEN FKIP USK Berbagi Cara Membuat Konten Pembelajaran Bahasa Inggris

Banda Aceh,KABARDAILY.COM  – Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBEN) FKIP USK melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di STAI Nusantara Banda Aceh.
PKM ini dilaksanakan pada Jum’at, 17 Mei 2024 bertempat di Aula kampus STAI Nusantara di kawasan Tibang, Banda Aceh.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para mahasiswa yang juga santri/santriwati dalam memperkenalkan metode pembelajaran bahasa Inggris yang interaktif dan menyenangkan.

Kegiatan PKM ini di fasilitasi oleh empat mahasiswa yaitu Hidayati Rahmah, Akhlis Yaumil Akhir, Putri Rumaiza Ulfa dan Rijlun Syathi. Keempat fasilitator ini di bawah bimbingan dosen senior prodi MPBEN yaitu Dr. Iskandar Abdul Samad dan Dr. Dohra Fitrisia.

Dr. Iskandar Abdul Samad, Koordinator Prodi MPBEN FKIP USK dalam sambutannya menyampaikan bahwa penguasaan bahasa Inggris sangat penting di era globalisasi ini.
“Kemampuan menguasai Bahasa Inggris baik verbal maupun tulisan sangat penting di era global ini. Tidak cukup dengan itu saja, kemampuan ICT juga tidak kalah pentingnya.” Ucap Iskandar.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa PKM yang dilakukan oleh para mahasiswa ini mengkombinasikan antara kompetensi Bahasa Inggris dengan kemampuan menggunakan teknologi khususnya teknologi pembelajaran.

Dr. Tgk. Jamaluddin Thaib, MA, Ketua Yayasan Rumoh Bina Aneuk Nanggroe, dalam sambutannya menyampaikan bahwa PKM yang dilakukan oleh mahasiswa prodi MPBEN ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

“Kami menyambut baik PKM yang dilaksanakan oleh para mahasiswa prodi MPBEN FKIP USK ini. Materi yang disajikan sangat bagus dan bermanfaat serta sesuai kebutuhan para mahasiswa kami.” Tutur Dr. Tgk Jamal.

Ia menambahkan bahwa PKM ini hendaknya terus berlanjut dan tidak berhenti sampai disini. Kampus STAI membuka pintu selebar-lebarnya kepada para mahasiswa prodi MPBEN untuk dapat melakukan PKM lanjutan.

Para mahasiswa yang juga santri/santriwati terlihat antusias mengikuti kegiatan PKM ini. Mereka terlihat dengan gembira mengikuti instruksi para pemateri untuk mempraktekkan bahasa Inggris.

Mereka terlihat senang dan berani dalam mencoba percakapan bahasa Inggris dengan mengintegrasikan kemampuan teknologi pembelajaran.

Dengan adanya kegiatan PKM ini, diharapkan para santri dapat lebih termotivasi untuk belajar bahasa Inggris dan memiliki keterampilan yang dapat meningkatkan daya saing mereka di masa depan.
Mahasiswa Prodi MPBEN FKIP USK juga mendapatkan pengalaman berharga dalam mengaplikasikan ilmu yang mereka pelajari dan berinteraksi langsung dengan para santri.

Hadir di acara pengabdian ini Dr. Tgk Jamaluddin, Ketua yayasan, Muslem, MA, Waka 1, Zikrullah Nuzuli, M.Pd, Kaprodi PAI, Dr. Iskandar Abdul Samad, Koordinator Prodi MPBEN, Dr. Siti Sarah Fitriani, dosen senior Prodi MPBEN, Nira Erdiana, M.Pd, Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris USK. Juga puluhan mahasiswa prodi MPBEN dan mahasiswa STAI Nusantara.