fbpx

ISBI Aceh Kunjungi Konsulat Jepang Ini yang Dibahas

Sumatera Utara,kabardaily.com – Pada hari ini, Jumat 4 Agustus 2023 merupakan hari yang cukup bersejarah bagi Institut Seni Budaya Indonesia Aceh (ISBI Aceh).

Pasalnya hari ini, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Ratri Candrasari, M.Pd dan Koordinator Pusat Urusan Internasional, Fentisari Desti Sucipto, M.Sn. berkunjung untuk bersilahturahmi dengan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara.

Kedatangan pihak ISBI Aceh disambut hangat oleh Mr. Takonai Susumu selaku Konjen, Mr. Asano Shunya selaku Konsul Muda Bagian Kebudayaan dan Pendidikan serta juga para staf Konjen.

Pada audiensi pertama ini, Ratri menyampaikan ISBI Aceh sebagai satu-satunya Institusi Seni di Aceh yang mempunyai peluang besar untuk membuka Prodi Sastra Jepang di Aceh.

“Selain itu ISBI Aceh mempunyai rencana untuk membangun Gampong Budaya Jepang yang nantinya berlokasi di Kota Jantho, Aceh besar, “katanya.

“Gagasan ini disahuti baik oleh pihak Konjen Jepang melalui pemberian informasi terkait beasiswa di Jepang jenjang Sarjana (S1), Magister (S2) hingga Doktor (S3). Selain itu pihak Konjen juga akan menjadi mediator terjadinya komunikasi antara akademisi yang ada di Negeri Sakura dengan ISBI Aceh, “tambahnya.

Salah satunya dengan peneliti di Jepang yang sedang menelusuri mengenai perfilman tentang Aceh.

Acara ditutup dengan pemberian cinderamata dari ISBI Aceh berupa lukisan karya Mahasiswa Prodi Seni Rupa Murni yaitu Muhammad Aries Diasyah dengan judul Tagrak Beusare yang bermakna bergerak bersama-sama. Mr. Takonai Susumu sangat mengapresiasi lukisan mahasiswa ISBI Aceh, oleh karenanya lukisan ini akan dipajang di Kantor Konsulat Jenderal Jepang di Medan.[*]