fbpx

Badan Kesejahteraan Masjid Banda Aceh Dikukuhkan

Banda Aceh,kabardaily.com – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh atas nama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, mengukuhkan 74 orang pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Kota Banda Aceh Periode 2023-2027, bertempat di Mansjid Al-Makmur Lamprit, Kecamatan Kuta Alam Rabu, 9 Agustus 2023

Kepengurusan BKM Kota Banda Aceh selama 5 tahun mendatang, didasarkan pada Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Nomor 159 Tahun 2023 tentang Susunan Pengurus Badan Kesejahteraan Masjid Kota Banda Aceh Periode 2023-2027, tertanggal 12 April 2023.

“Badan Kesejahteraan Masjid ini merupakan organisasi khusus yang dibentuk Kementerian Agama baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota hinga tingkat kecamatan, dalam rangka meningkatkan standar dan kualitas pembinaan serta kesejahteraan masjid,” terang Umar, S.Ag, Ketua Panitia Pengukuhan BKM Banda Aceh.

“Para pengurus BKM, terdiri dari pejabat Kementerian Agama secara ex-oficio, pegawai dan penyuluh agama Islam di lingkungan Kementerian Agama Kota Banda Aceh, serta tokoh Masyarakat dan agamawan di Kota Banda Aceh,” lanjut Umar dalam keterangannya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh, H. Abrar Zym, SAg, MH dalam sambutannya secara khusus menekankan pentingnya peran Badan Kesejahteraan Masjid sebagaimana tertuang dalam PMA Nomor 54 Tahun 2006 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Badan Kesejahteraan Masjid.

“Pengurus BKM perlu mempedomani aturan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam rangka meningkatkan kualitas kesejahteraan masjid, melakukan koordinasi dan pembinaan bagi pengurus Masjid yang ada di Kota Banda Aceh sehingga masjid benar-benar berfungsi sebagai sarana ibadah dan pembinaan ummat,” tegas Abrar.

Berdasarkan PMA 54 Tahun 2006, peran BKM meliputi pembinaan manajemen masjid (Idarah), kemakmuran masjid (Imarah) dan pemelihara sarana dan prasarana masjid (Ri’ayah). Sebagai lembaga yang secara langsung menjadi perpanjangan tangan Kementerian Agama dalam pembinaan kemasjidan, BKM diharapkan bisa memfasilitasi pembinaan dan pemberdayaan pengurus masjid, khususnya di dalam Kota Banda Aceh.

Beliau juga menambahkan fungsi dan peran Badan Kesejahteraan Masjid ini mendukung fungsi Badan Kemakmuran Masjid yang ada di gampong gampong lebih ke Advokasi,

Fungsi dan tugas Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) kementerian Agama ini diantaranya : Melakukan Advokasi Bantuan terhadap BKM yang ada di masjid masjid, membina memfasilitasi lembaga yang ada di masjid, remaja masjid, TPQ dengan pemerintah, melakukan koordinasi peran dan fungsi masjid, mengupayakan bantuan untuk masjid, Melakukan koordinasi dengan organisasi masjid baik DMI, BKPRMI, memfasilitasi melaksanakan Penyiaran dakwah di masjid masjid