fbpx

Antar Anak Sekolah Ciptakan Iklim Pendidikan yang Baik

Aceh Besar,kabardaily.com – Terkait Surat Edaran pj Bupati Aceh Besar mengenai imbauan orang tua mengantar anak hari pertama sekolah berikut rangkuman komentar beberapa orang tua yang kami wawancarai, Selasa 18 Juli 2023.

Mirza ST salah satu orang tua siswa kelas 1 SDN Garot, Kecamatan Darul Imarah, menurutnya hal tersebut perlu dilakukan untuk menciptakan iklim sekolah yang baik yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pendidikan disuatu sekolah dan kualitas pendidikan di Kabupaten Aceh Besar pada umumnya, sehingga perlu mendapat dukungan dari semua pihak terutama dari orang tua.

“Wajib orang tua mengantar anaknya dihari pertama masuk sekolah, Senin 17 Juli 2023, supaya ada hubungan baik antara orang tua dan sekolah dan juga dengan komite sekolah. Juga untuk membangun keharmonisan dan kerjasama antara orang tua dan sekolah,” tegas Mirza salah seorang wali murid.

“Untuk guru kita ingin mereka menyambut orang tua. Kenalan. Minta kontak informasi. Jelaskan rencana pembelajaran di sekolah ke depan. Minta masukannya dan minta jelaskan hal yang harus diperhatikan untuk anak bapak ibu itu,”

Mirza menambahkan, adanya orang tua yang menyempatkan diri datang ke sekolah bersama sang anak, tentu akan menjadi pengalaman yang berkesan. Anak akan bertambah rasa percaya dirinya dan tentu orang tua juga dapat melihat bagaimana lingkungan sekolah maupun kelas yang akan ditempati si anak. Jadi bukan melepas di gerbang. Tapi kita ingin mereka interaksi dengan guru, kepala sekolah, wali kelas,” ucapnya.

Sementara orang tua siswa SDN Garot yang lainnya, Mawar wali dari Fano Alfarizi di hari pertama mengantarkan ananda saya Fano ke sekolah luar biasa.

Edaran pj Bupati sangat bagus sehingga ada kedekatan antara orang tua juga dengan guru yang ada di sekolah tersebut dengan mendampingi anak-anak.

“Di pintu gerbang saya dan ananda saya disambut ramah oleh guru-guru piket dan saya di arahkan untuk langsung mengantarkan ananda ke kelas menjumpai ibu wali kelas, sesampainya di pintu kelas saya dan ananda saya di sambut lagi dengan ramah dan dengan tangan terbuka oleh wali kelas Ibu Etti Trisnawati.

“Terimakasih Etti dan seluruh guru yang ada di SDN Garot Aceh Besar,”katanya.[*]