fbpx

Satlinmas Ujung Tombak Penyelenggaraan Tibumtranmas di Gampong

ACEH JAYA,KABARDAILY.COM – Kecamatan Jaya menggelar kegiatan Sosialisasi Keamanan dan Ketertiban Umum yang berlangsung di Gedung Kader Lamno, Selasa 12 Desember 2023 yang dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Safrizal.

Sebanyak 28 peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut merupakan perwakilan Keuchik, Imum Mukim, Satgas Linmas Kecamatan dan Satlinmas Gampong.

Kepala Bidang Ketertiban Umum Ketenteraman dan Perlindungan Masyarakat Satpol PP dan WH Kabupaten Aceh Jaya Hamdani yang diminta menjadi narasumber mengatakan bahwa Satlinmas ujung tombak penyelenggaraan ketertiban umum, ketenteraman masyarakat dan keamanan di gampong.

Satlinmas memiliki peran penting dalam menciptakan dan mewujudkan Gampong yang tertib, aman, tenteram dan nyaman.

Untuk itu perlu perhatian serius dari Keuchik dan aparatur gampong untuk memberdayakan anggota Satlinmas termasuk dalam peningkatan kapasitas.

Selain itu, anggota Satlinmas harus selalu hadir ditengah masyarakat dalam deteksi dini dan cegah dini terhadap gangguan Tibumtranmas serta membantu penanggulangan bencana bila sewaktu-waktu terjadi bencana di Gampong seperti kebakaran dan banjir.

Untuk itu, Keuchik harus lebih selektif dalam menentukan dan menetapkan anggota Satlinmas.

“Sekurang-kurangnya memiliki kompetensi dasar dalam melayani masyarakat, ” Tutup Hamdani.[*]