26.3 C
Banda Aceh
BerandaAceh TenggaraKetua Fuqaha Aceh Jadi Narasumber Pembinaan Dewan Hakim MTQ Aceh Tenggara

Ketua Fuqaha Aceh Jadi Narasumber Pembinaan Dewan Hakim MTQ Aceh Tenggara

Aceh Tenggara,kabardaily.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara melalui Dinas Syariat Islam menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Calon Dewan Hakim MTQ Kabupaten Aceh Tenggara selama tiga hari di Kutacane, mulai tanggal 23 s.d 25 September 2022.

Ketua Forum Ukhuwwah Qari dan Hafizh Aceh (FUQAHA) T. Mardhatillah, SHI, MH menjadi Narasumber pada kegiatan tersebut mengupas materi tentang Pedoman Perhakiman Cabang Tahfizh Al Quran.

Ia meminta kepada para peserta agar menindaklanjuti hasil kegiatan bimtek ini dengan kegiatan-kegiatan TC di Kecamatan masing-masing.

“Usai kegiatan ini, silahkan disampaikan dan kembangkan ilmunya ke jenjang di kecamatan kecamatan agar terwujudnya kesamaan pemahaman tentang metode penilaian MTQ yg benar dan ilmu yang didapatkan dari pemateri dalam kegiatan ini tidak terhenti disini saja,” ujar T Mardhatillah yang masih menjabat sebagai Kasi Bimbingan dan Pelatihan UPTD PPQ DSI Aceh.

Mardhatillah juga menyampaikan saran kepada praktisi MTQ Aceh Tenggara untuk segera membentuk wadah berkumpul yang terdaftar melalui badan resmi, seperti IPQAH atau FUQAHA unt lebih mudah melaksanakan kegiatan dan pengembangan SDM di daerah.

Sementara Kadis Syariat Islam Kab Aceh Tenggara dalam Sambutannya mengingatkan kepada para peserta bimtek agar selalu amanah, jujur, tidak memihak dan Profesional dalam menilai para peserta MTQ nantinya sehingga mampu melahirkan para Juara yang berkualitas.

Bimtek ini diikuti oleh para praktisi MTQ di Kabupaten Aceh Tenggara yang nantinya akan menjadi Dewan Hakim MTQ di Tingkat Kecamatan dan Kabupaten Aceh Tenggara.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kwalitas dan kemampuan menilai para calon dewan hakim tersebut sehingga dapat melahirkan para juara MTQ Kabupaten Aceh Tenggara yang pada akhirnya mampu berprestasi di MTQ Provinsi Aceh bahkan MTQ Nasional mendatang.

Kegiatan tersebut berlangsung sukses dan mendapat antusias yang sangat baik dari para peserta bimtek.

Selain Mardhatillah, hadir pemateri lainnya dari Banda Aceh seperti Ust H. M. Iqbal, SHI di Cabang Tilawah, Ust M. Raihan, S.Ag, SH, MH di Cabang Fahmil Quran, Ust H. Akhyar, M.Ag di Cabang Syarhil Quran dan Drs. H. Usman Musa di Cabang Khattil Quran. []

spot_img
spot_img
spot_img
Banda Aceh
overcast clouds
26.3 ° C
26.3 °
26.3 °
80 %
0.5kmh
95 %
Sel
26 °
Rab
28 °
Kam
29 °
Jum
28 °
Sab
28 °

Last Artikel

spot_img