fbpx

DPRK Bireuen Tetapkan 15 Calon Panwaslih

BIREUEN,KABARDAILY.COM – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bireuen telah melaksanakan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) terhadap 15 orang Calon Panwaslih Bireuen di sekretariat DPRK setempat, Selasa (14/5/2024).

Selanjutnya Komisi I melalui Pengumuman Nomor 28/Komisi I/DPRK/2024 tentang Penetapan Hasil Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota Panwaslih Kabupaten Bireuen menetapkan 5 orang Calon Panwaslih terpilih yaitu Drs.Banta Husen, MSM, Desi Safnita, M.Sos, Agusni, SP, M.Si, Muzammil, S.Pd dan Rifani, S.Sos. Selain itu Komisi I juga menetapkan 5 orang sebagai lulus cadangan yaitu Ahmad Zaki, S.Pd, Abdul Halim, Rizki Fajar, Dr.Zulfikar, dan Murdani, S.Sos.

Sebagaimana diketahui para Calon Anggota Panwaslih ini segera akan dilantik mengingat tahapan Pilkada sudah berjalan sejak beberapa pekan lalu. Tugas berat sudah menanti mereka terutama pembentukan Panwascam dan pengawasan perekrutan penyelenggara yang sedang dilaksanakan oleh KIP Bireuen.

Ananda Fildza Alifa, aktivis Gema Keadilan kepada media ini menyampaikan harapan agar keberadaan Panwaslih nantinya benar-benar bisa menjadi “penjaga” demokrasi di Bireuen. Ia juga memberi apresiasi kepada DPRK karena telah mengakomodir unsur perempuan sebagai Komisioner Panwaslih yaitu Desi Safnita, M.Sos.

“Peran perempuan sangat penting. Apalagi dengan pengalaman beliau sebelumnya dalam pengawasan Pemilu” sebut Fildza, alumni STID Al-Hikmah Jakarta. (MA)