fbpx

Bantu Cegah Stunting, BAZNAS, BMA dan BMG Kayee Jatoe Sembelih 35 Hewan Kurban di Pidie

Pidie,kabardaily.com – Baitul Mal Aceh (BMA) bekerjasama dengan Baitul Mal Gampong (BMG) Kayee Jatoe menyembelih 35 ekor kibas dari Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (BAZNAS RI) dalam Program Kurban Berkah Baznas 2023.

Kegiatan penyembelihan dan penyaluran daging dipusatkan di Gampong Kayee Jatoe, Mukim Teupin Raya, Kecamatan Glumpang Tiga, Kabupaten Pidie, Jum’at 30 Juni 2023.

Kegiatan ini dihadiri dan disaksikan langsung oleh Mukhlis Sya’ya, Anggota Badan BMA Bidang Pendistribusian dan Pemberdayaan. Menurut Mukhlis kegiatan ini merupakan bagian dari program kurban berkah Baznas 2023 dimana Idul Adha tahun ini Baznas RI menyerahkan bantuan hewan kurban berupa 100 ekor ke Aceh melalui BMA.

BMA mendistribusikan hewan kurban tersebut melalui lembaha mitra ke tiga lokasi untuk disembelih dan dibagikan kepada penerima dengan perincian 30 ekor di Kec Ulee Kareng Kota Banda Aceh, 35 ekor di Kec Baitussalam Aceh Besar dan 35 ekor di Kec Glumpang Tiga, Pidie.

Sesuai arahan BAZNAS bahwa daging kurban ini lebih diprioritaskan kepada keluarga kurang mampu dan melihat kondisi Kabupaten Pidie masih termasuk dalam kategori daerah miskin dengan angka persentase penduduk miskinnya mencapai 18,79 persen jauh diatas rata-rata Aceh yang hanya 14,64 persen, angka ini sesuai dengan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi Aceh akhir tahun 2022 lalu.

Juga berdasarkan hasil Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) Kementrian Kesehatan tahun 2022 angka prevalensi balita stunting di Kabupaten Pidie mencapai 27,8 persen.

Maka sangat beralasan daerah penghasil keurupuk mulieng ini dipilih sebagai salah satu daerah sasaran program ini.

“Mudah-mudahan donasi daging bisa disalurkan sesuai arahan BAZNAS, sehingga akan bisa membantu meningkatkan pemenuhan gizi anggota keluarga terutama anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan sebagai upaya menekan angka stunting” Harap Mukhlis.

Sementara itu Ketua BMG Kayee Jatoe, Tgk Bukhari mengucapkan terimakasih banyak kepada BAZNAS RI, BMA dan seluruh Shahibul Qurban yang telah mempercayakan BMG Kayee Jatoe sebagai salah satu mitra pelaksana program ini.

“Atas nama seluruh masyarakat penerima bantuan daging kurban ini saya mengucapkan terimakasih banyak, semoga Allah Yang Maha Kuasa menerima semua ibadah kurban, Allah lipat gandakan pahalanya serta Allah tambahkan rezeki kepada para shahibul kurban ini” Harap Tgk Bukhari.

“Sasaran utama penerima manfaat adalah keluarga yang tidak mampu dan keluarga yang yang dirumahnya memelihara anak yatim, yang berasal dari gampong-gampong yang berada dalam wilayah Mukim Teupin Raya dan sekitarnya ” Terang Ketua BMG Kayee Jatoe, Tgk Bukhari.

Sementara itu informasi yang disampaikan oleh Sekretaris BMG, Rizki Munandar, semua proses penyembalihan dan penyaluran sepenuhnya mengikuti SOP yang telah ditetapkan oleh BAZNAS yaitu Aman Syar’i, Aman Regulasi dan Aman NKRI.
Sedangkan penerima manfaat kegiatan ini lebih dari 280 orang dari berbagai gampong dalam mukim Teupin Raya dan sekitarnya dan masing-masing mereka mendapatkan paket daging lebih dari 1,5 kg dalam kantong plastik berlogo BAZNAS.

“Alhamdulillah kegiatannya berjalan lancar dan untuk laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan ini, secepatnya akan kami sampaikan kepada BAZNAS dan BMA” Ujar Rizki meyakinkan.

Dari hasil pantauan kami, panitia penyembelihan kurban yang lengkap dengan atribut baju cilimek dan kaos berlogo BAZNAS sudah berkerja sejak pagi hari dan proses pendistribusian daging kurban kepada para penerima mulai dilakukan setelah ibadah shalat Jum’at dan para penerimapun tampak tertib menunggu giliran dipanggil oleh panitia.

“Rencana awalnya semua proses penyembelihan dan penyaluran sudah selesai sebelum ibadah Shalat Jum’at, namun karena cuaca hujan kegatan penyaluran baru dilakukan setelah shalat Jumat” Sebut Anwar Sadat, Pengurus BMG Kayee Jatoe

Sementara itu, Nurhayati, 46 tahun salah satu penerima manfaat program ini berasal dari Gampong Meunasah Mamplam mengucapkan rasa syukur dan gembira setelah mendapatkan bantuan daging ini.

“Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan semua pihak terutama donatur dari BAZNAS yang sudah mau membantu meringankan beban hidup keluarga kami ini” Ucap Nurhayati yang saat ini menanggung 4 anak yatim pasca Syarifuddin suaminya meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Di Akhir pertemuan, Pengurus BMG Kayee Jatoe mengharapkan para muzakki serta para donatur lainnya untuk mempercayai dan menyalurkan zakat, infak dan sedekah kepada lembaga BMG Kayee Jatoe pada Rekening Bank Aceh Nomor Rekening 086 01.97.00005-0 atas nama Baitul Mal Gampong Kayee Jatoe.

“Insya Allah kami akan amanah, transparan dan akuntabel, dengan menyalurkannya kepada yang berhak menerima serta kami akan menyampaikan laporan keuangan secara berkala kepada para muzakki atau donatur’. Tutup Tgk Bukhari yang diiyakan oleh pengurus BMG lainnya.[*]