26.3 C
Banda Aceh
BerandaBireuenWakili Bireuen Untuk Lomba Desa Gammawar 2022, Ketua TP PKK Aceh Kunjungi...

Wakili Bireuen Untuk Lomba Desa Gammawar 2022, Ketua TP PKK Aceh Kunjungi Gampong Dayah Mesjid-Kuta Blang

Bireuen,kabardaily.com – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Aceh bersama rombongan mengunjungi Gampong Dayah Mesjid Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen, Rabu (28/9/2022).

Adalah Ibu Ayu Candra Febiola Nazuar yang dilantik pada 13 Juli 2022 lalu menggantikan Dyah Erti Idawati yang telah purna bakti dari jabatan Ketua TP PKK Aceh periode 2017-2022.

Kunjungan Isteri Pj Gubernur Aceh tersebut dalam rangka Pembinaan Gampong Mawaddah Warahmah (GAMMAWAR) Tahun 2022 di Gampong Dayah Mesjid Kecamatan Kuta Blang.

Ketua TP PKK Gampong Dayah Mesjid Ns. Fairus, S.Kep, dalam sambutannya, mengungkapkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Pj TP PKK Provinsi Aceh yang telah memilih desanya yang berpenduduk 475 jiwa dalam 3 duson ini, sebagai desa Gammawar 2022 mewakili Kabupaten Bireuen untuk ikut lomba tingkat Provinsi Aceh.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pj Ketua TP PKK Aceh Ibu Ayu Candra yang telah memilih desa kami sebagai Desa Gammawar mewakili Kabupaten Bireuen untuk mengikuti lomba tingkat Provinsi Aceh,” ujar Fairus.

“Terimakasih dan apresiasi kami semua kepada pengurus TP PKK, Perangkat Desa serta segenap masyarakat Dayah Mesjid yang telah memberikan dukungan moril dan tenaga atas terpilihnya desa kita sebagai Desa Gammawar, semoga kita berhasil memenangkan juara I tingkat Provinsi,” harap Ketua TP PKK Dayah Mesjid yang pernah menjuarai lomba memasak tingkat Kabupaten Bireuen beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Pj Ketua TP PKK Aceh, Ayu Candra Febiola Nazuar, menyebutkan, apresiasi yang luar biasa kepada Gampong Dayah Mesjid atas sambutannya yang luar biasa.

“Gampong ini juga masuk gampong ramah anak, apalagi kegiatan kita Pekarangan Mesjid yang juga ada wahana bermain anak anak. Ditegur dengan baik bila ada anak yang ribut saat bermain di pekarangan masjid,” imbun Ayu.

Ia mengajak orang tua untuk membiasakan mendongeng untuk anak sebelum tidur. Anak anak diceritakan dongeng sebagai pengantar tidur seperti yang dilakukan para orang tua dulu. Hal itu akan menjadi memori yang selalu diingat sampai si anak menjadi tua, paparnya.

“Hidup kita upayakan menjadi manfaat bagi orang lain, dan di mana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Karena bumi ini merupakan titipan Allah, mari kita jaga dan jangan kita kotori dengan sampah, mari kita buang sampah ketempat yang kita sediakan, pisahkan sampah organik dan non organik,” ajak Ayu.

Ia juga prihatin atas fenomena terkait peredaran narkoba di Aceh, dikatakannya, ada suatu daerah yang terdapat seratusan Nara Pidana (Napi) perempuan yang terlibat kasus narkoba sebagai kurir.

“Ada suatu daerah yang kita kunjungi di Aceh, masuk laporan ke pihak kami. Terdapat 100 lebih napi perempuan yang terjerat kasus peradaran narkoba. Semoga dengan kita tingkatkan bidang kegiatan PKK, kaum ibu ibu lebih beprestasi bidang pemberdayaan khususnya perempuan dan dapat meminimalisir perbuatan pidana tersebut,” harap isteri Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki.

Ia menambahkan, agar peran ayah dalam mendidik anak lebih ditingkatkan, tidak pada kaum ibu saja seraya meminta untuk menjaga anak-anak, membatasi dan mengawasi penggunaan android, guna mencegah penyalahgunaan internet, tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Keuchik Dayah Mesjid, M Diah Husen, saat dijumpai media ini usai kegiatan, menyebutkan, pihaknya sangat berterima kasih atas kedatangan Tim Pembinaan Gampong Gammawar dari TP PKK Provinsi Aceh, apalagi rombongan dipimpin langsung ibu Pj Gubernur Aceh.

“Kami sangat berterima kasih atas kunjungan ibu Pj Gubernur Aceh selaku Ketua TP PKK Aceh ke gampong kami, semoga kegiatan penilaian berjalan dengan baik dan kami yang mewakili Kabupaten Bireuen bisa mendapat juara Provinsi nantinya,” ungkapnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak, baik tim TP PKK Provinsi Aceh dan Kabupaten Bireuen, Kecamatan Kuta Blang dan PKK Gampong Dayah Mesjid, beserta segenap perangkat, lembaga gampong dan seluruh elemen masyarakat gampong yang telah bekerja keras dan berpartisipasi dalam mewujudkan Dayah Mesjid sebagai Desa Gammawar, ucap M Diah Husen.

Kegiatan diakhiri dengan makan bersama yang dihadiri rombongan TP PKK Aceh, TP PKK Kabupaten Bireuen, TP PKK Kecamatan Kuta Blang dan TP PKK Dayah Mesjid, Muspika Kuta Blang, Camat, Danposramil, Kapospolsubsektor Kuta Blang, Kepala Puskesmas, Pendamping Desa Kuta Blang, Perangkat Gampong dan Lembaga serta seratusan warga setempat.

spot_img
spot_img
spot_img
Banda Aceh
overcast clouds
26.3 ° C
26.3 °
26.3 °
80 %
0.5kmh
95 %
Sel
26 °
Rab
28 °
Kam
29 °
Jum
28 °
Sab
28 °

Last Artikel

spot_img