fbpx

Universitas Syiah Kuala Siap Bentuk Forum Dewan Guru Besar

BANDA ACEH,KABARDAILY.COM  – Universitas Syiah Kuala siap untuk membentuk Forum Dewan Guru Besar untuk mewadahi para guru besar di lingkungan kampus tersebut. Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil diskusi para Guru Besar USK yang dipimpin oleh Ketua Senat Akademik Universitas Prof. Dr. Ir. Abubakar, M.S di Gedung AAC Dayan Dawood. (Banda Aceh, 2 April 2024). Turut hadir dalam diskusi tersebut Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan dan Sekretaris Senat Akademik Universitas Prof. Dr. Azhari, S.H., MCL, M.A.

Abubakar menjelaskan bahwa Forum Dewan Guru Besar ini bukan merupakan organ PTN BH Universitas Syiah Kuala. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2022 tentang PTN BH Universitas Syiah Kuala disebutkan bahwa organ PTN BH hanya terdiri dari tiga organ yaitu yaitu Rektor, Senat Akademik Universitas dan Majelis Wali Amanat.

Karena Forum Dewan Guru Besar ini bukan merupakan organ PTN BH, maka USK menggelar kegiatan diskusi untuk membahas apakah Forum Guru Besar ini perlu dibentuk atau tidak. “Alhamdulillah, secara aklamasi para peserta sepakat untuk membentuk Forum Dewan Guru Besar USK. Ketentuan lebih lanjut tentang Forum Dewan Guru Besar ini akan dituangkan dalam AD/ART,” ucap Abubakar.

Adapun pertimbangan dibentuknya Forum Dewan Guru Besar ini adalah sebagai forum silaturahmi antara sesama Guru Besar USK dan sekaligus menjadi wadah bagi para Guru Besar dalam menyampaikan ide-ide cemerlangnya untuk menunjang kinerja universitas. Forum ini sama sekali jauh dari kepentingan politik praktis, ujar Ketua Senat USK.

“Langkah selanjutnya yang dikerjakan ke depan adalah kita akan membentuk panitia kecil yang berasal dari perwakilan fakultas untuk membahas rancangan draf Anggaran Dasar dan Rumah Tangga forum ini,” ucapnya.

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan yang turut hadir dalam pertemuan tersebut turut menyambut baik kehadiran Forum Guru Besar USK. Dirinya mengungkapkan, bahwa USK sebenarnya sudah memiliki Dewan Guru Besar saat kampus ini berstatus Badan Layanan Umum (BLU). Namun, forum tersebut tidak diakui struktur organ pimpinan saat USK telah menjadi PTN BH.

Meskipun demikian, Rektor meyakini kehadiran forum ini bisa berdampak positif bagi pengembangan atau kinerja universitas. “Karena dengan adanya wadah Forum Guru Besar ini kita bisa bertukar pikiran, untuk apapun yang bertujuan meningkatkan reputasi USK,” ucapnya.

Selain itu, dalam kegiatan ini para Guru Besar USK juga membahas rencana kompilasi buku orasi ilmiah para Guru Besar. Mengingat selama selama ini naskah orasi ilmiah tersebut masih belum terdokumentasi dengan baik. Publikasi orasi ilmiah ini, diharapkan menjadi referensi keilmuan yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Sekretaris Senat Universitas Prof. Dr. Azhari, S.H., MCL, M.A yang turut hadir dalam diskusi tersebut menyampaikan bahwa para Guru Besar USK sepakat untuk menerbitkan sejumlah buku dengan berbagai judul dalam tahun 2024 ini yang ditulis bersama secara tematik dengan berbasis pada topik Orasi Ilmiah masing-masing. Harapannya semoga cita-cita mulia ini terwujud dengan baik. Semoga saja!