fbpx

UNIB, USK dan UNE Laksanakan Konferensi Internasional

Banda Aceh,kabardaily.com – Universitas Bengkulu (UNIB), Universitas Syiah Kuala (USK) dan University of New England (UNE, Australia) melaksanakan konferensi Internasional dengan tema memperluas penelitian dalam pengajaran bahasa dan pola retorik teks Indonesia dan Melayu.

Tujuan konfrens ini untuk memfasilitasi terjadinya diskusi dan berbagi pengetahuan akademis lintas disiplin ilmu di tingkat global. Konferensi dilaksanakan secara hybrid dengan menggabungkan pertemuan tatap muka dan teknologi daring. Acara yang dilaksanakan di Aula Dekanat FKIP Baru UNIB pada Sabtu (25/11/2023) merupakan implementasi kegiatan kerjasama dari tiga prodi di universitas ini.

IMG 20231125 WA0677

Dr. Syafryadin, Ketua Konfrensi ICOTEL 4 dalam sambutannya menyampaikan bahwa konfrensi ICOTEL ini merupakan event tahunan yang dilaksanakan oleh Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNIB.

“International Conference on the Teaching of Language and Literature (ICOTEL) merupakan konferensi Internasional yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Bengkulu setiap tahunnya dengan mengundang keynote speaker dari beberapa negara di dunia”, ungkap Syafryadin.

Koordinator Prodi S2 Bahasa Inggris UNIB, Dr. Iis Sujarwati, mengatakan bahwa tujuan konfrensi ini untuk mempertemukan para akademisi dan peneliti untuk saling berbagi ide dan pengalaman dalam bidang tridarma perguruan tinggi.

“Konferensi ini bertujuan untuk mempertemukan seluruh akademisi, peneliti, dosen, guru, dan mahasiswa untuk berbagi ide, pengalaman, dan temuan penelitian di bidang pendidikan, sastra, dan linguistik bahasa Inggris, yang berdampak pada pendidik bahasa yang kreatif dan inovatif”, ucap Iis Sujarwati.

Associate Professor Zifirdaus Adnan, keynote speaker dari UNE mengatakan bahwa penelitian pola retorika teks dalam Bahasa Indonesia dan Melayu mengalami perkembangan yang sangat signifikan belakangan ini.

“Penelitian pola retorika teks (termasuk teks lisan) dalam bahasa Indonesia dan Melayu mengalami perkembangan yang signifikan dalam 25 tahun terakhir, terutama pada genre penulisan akademik meliputi pola retorika artikel penelitian (RA), pola generik presentasi akademik, ujian sidang tesis dan sejenisnya.“ tutur Zifirdaus.

Koordinator Prodi MPBEN FKIP USK, Dr. Iskandar Abdul Samad mengatakan bahwa konfrensi Internasional ini memberi kesempatan kepada para peneliti untuk dapat mempublikasikan karya tulis terbaiknya pada jurnal bereputasi.

“Presenter yang memiliki makalah berkualitas tinggi berkesempatan untuk dipilih oleh panitia untuk dimasukkan dalam buku yang diterbitkan oleh publisher di Australia, edisi khusus Journal of Applied Linguistics and Literature (JOALL) atau prosiding” tutup Iskandar.

Konferensi International ini menghadirkan empat keynote speakers yaitu Associate Professor Zifirdaus Adnan (University of New England), Associate Professor Sally Burgess (Universidad De La Laguna), Professor Yazid Basthomi (Univ Negeri Malang) dan Dr. Wisma Yunita (UNIB).

Hadir pula pada konfrens ini Dr. Diana Barnes (Head of school HASS UNE), Abdurrahman, Phd (WD 1 FKIP UNIB), Professor Safnil Arsyad (Kaprodi S3 Linguistik Terapan, UNIB), Dr. Irma Diani (Kajur PBS UNIB), Professor Asnawi (Kajur Pend Bahasa Inggris, USK), Nira Erdiana, M.Pd (Sekjur Pend Bahasa Inggris, USK), Dr. Iskandar Abdul Samad (Koord. Prodi MPBEN USK), Professor Yunisrina Q. Yusuf (Guru Besar FKIP USK), Dr. Dohra Fitrisia (Ketua TPMA Prodi MPBEN USK), Dr. Siti Sarah Fitriani (Wakil Ketua TPMA USK), Dr. Iis Sujarwati (Kaprodi S2 Pend. Bahasa Inggris, UNIB) dan ratusan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia hadir secara virtual.