fbpx

Tingkatkan Kualitas Sumber Daya GTK dan Alumni, SMK-PP Negeri Saree Kerja Sama dengan Universitas Terbuka Aceh

Banda Aceh,kabardaily.com – SMK-PP Negeri Saree terus melakukan upaya peningkatan kualitas pendidikan vokasi pertanian, khususnya kompetensi dan sumberdaya Guru dan Tenaga Kependidikan serta Alumni, maka untuk tercapainya tujuan tersebut dilakukan kerjasama dengan berbagai stakeholder, kali ini melakukan kerjasama dengan Universitas Terbuka Aceh, Jumat 11 Agustus 2023 di Kampus UT Aceh, Punge Banda Aceh.

Perjanjian kerjasama ini dituangkan dalam Nota Kerjasama (MoU) yang ditandatangani oleh Kepala SMK-PP Negeri Saree, Muhammad Amin, SP.,MP dan Direktur Universitas Terbuka Aceh, Syamsuri, S.IP di Aula UT Aceh yang turut disaksikan oleh tim manajemen dari kedua lembaga ini.

Dalam sambutan sebelum Penandatanganan MoU ini, Direktur UT Aceh menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada SMK-PP Negeri Saree yang berkenan melakukan kerjasama dengan UT Aceh. Ini menjadi penting bagi UT Aceh untuk dapat membantu para instruktur dan Alumni SMK-PP Negeri Saree untuk melanjutkan pendidikan tinggi sambil bekerja, lebih-lebih di UT ada program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), dimana dapat dilakukan penyetaraan akademik atas pengalaman kerja dan/atau pelatihan bersertifikasi untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi pada kualifukasi tertentu. Ini sangat membantu para GTK memperoleh ilmu dan ijazah sebagai sarjana. Semoga rencana ini dapat berjalan dengan baik sesuai harapan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala SMK-PP Negeri Saree, Muhammad Amin merasa senang diberi kesempatan oleh Universitas Terbuka Aceh untuk menjalin kerjasama ini, karena UT mempunyai peran atas perjalanan hidup beliau secara pribadi sebagai seorang guru, karena beliau merupakan salah seorang alumni UT, dimana sebelum tsunami telah mengambil program Akta IV yang menjadi salah satu persyaratan menjadi seorang guru.

“Dengan adanya MoU ini beliau merasa kembali ke almamaternya, sehingga merasa ini bukanlah kerjasama sama biasa tapi hal yang luar biasa, disamping membantu GTK dan Alumni meningkatkan kualifikasi pendidikan sekaligus membantu UT Aceh memajukan pendidikan anak bangsa khusus nya anak Aceh.

Muhammad Amin berharap kerjasama ini dapat berjalan lancar dan berkembang sesuai harapan kedua belak pihak. Sehingga apa yang menjadi tujuan bersama yaitu mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya GTK dan Alumni SMK-PP Negeri Saree dapat terwujud, konon lagi bisa diteruskan ke SMK Pertanian Aceh lain.

Kerjasama yang telah disepakati ini akan difokuskan pada Pengembangan keilmuan dan teknologi serta sumberdaya manusia melalui program Pendidikan dan Pengajaran, Penguatan Kurikukum IKM, field trip, Study Banding, dan penguatan kelembagaan melalui dengan program lain yang saling menguntungkan.[*]