fbpx

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi Pertanian, SMK-PP Negeri Saree Kerjasama dengan SMK-PP Negeri Padang

Padang,kabardaily.com  – SMK-PP Negeri Saree Kabupaten Aceh Besar terus melakukan upaya peningkatan kualitas pendidikan vokasi pertanian, maka untuk tercapainya tujuan ifu dilakukan kerjasama dengan berbagai stakeholder baik dalam maupun di luar provinsi Aceh.

Kali ini SMK-PP Negeri Saree melakukan kerjasama dengan SMK-PP Negeri Padang dengan melakukan nota kesepahaman atau Memorandum of Understansing (MoU) di aula sekolah setempat, Senin (12/6/2023).

Perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh Kepala SMK-PP Negeri Saree, Muhammad Amin SP MP dan Kepala SMK-PP Negeri Padang, Edwin MPd.T.

Kepala SMK-PP Negeri Saree, Muhammad Amin MP, Senin (12/6) mengatakan, penandatanganan MoU ini dilakukan di sela kegiatan Penas XVI Petani Nelayan yang sedang diikuti oleh tim SMK-PP Negeri Saree.

“Kerjasama ini merupakan salah satu upaya sekolah untuk terus membuka jejaring dengan berbagai lembaga atau instansi pendidikan vokasi pertanian dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di SMK- PP Negeri Saree,” kata Amin.

Dikatakannya, penandatanganan MoU ini turut disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumatera Barat, Drs Barlius MM yang hadir ke SMK-PP Negeri Padang.

Kadisdik Sumatera Barat hadir dalam rangka membuka kegiatan In House Training (IHT) Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) bagi SMK Pusat Keunggulan.

Lebih lanjut Amin menyebutkan, dalam kesempatan itu, tujuh orang guru SMK-PP Negeri Saree menjadi peserta IHT.

“Program IHT IKM ini menjadi hal yang penting dilaksanakan dan diikuti oleh para guru kedua sekolah ini. Karena kedua itu merupakan SMK yang melaksanakan program SMK Pusat Keunggulan,” ujar Amin.

Selanjutnya, kerjasama yang telah disepakati akan difokuskan pada pengembangan keilmuan dan teknologi serta sumber daya manusia melalui program pendidikan dan pelatihan, pengajaran, penguatan kurikukum IKM.

Kemudian praktek kerja lapangan bagi siswa, magang alumni, field trip, study banding, serta penguatan kelembagaan dengan membuka kompetensi keahlian lanskap dan pertamanan.

Oleh sebab itu, ucapnya, SMK-PP Negeri Saree merasa bersyukur dapat bekerjasama dengan SMK PP Negeri Padang, yang mana telah membuka dan menjalankan kompetensi keahlian lanskap dan pertanaman ini.

“Sehingga kita bisa belajar, bekerjasama dan berkolaborasi lebih intens untuk pembukaan konsentrasi keahlian tersebut di SMK-PP Negeri Saree,” ungkap Amin.(*)