fbpx

SMKN 1 Jeunieb Gelar Workshop TeFa Bersama Hermes Palace Hotel

BANDA ACEH,KABARDAILY.COM – SMK Pusat Keunggulan SMK Negeri 1 Jeunieb mengadakan Workshop Teaching Factory (TeFa) Bersama IDUKA Hermes Palace Hotel Banda Aceh, Senin-Selasa (3-4/6/2024). Workshop ini berlangsung di Seulanga Meeting Room SMK Negeri 1 Jeunieb, Bireuen.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK melalui penerapan konsep TeFa, yaitu model pembelajaran yang mengintegrasikan antara teori dan praktek secara langsung di lingkungan sekolah. Dengan TeFa, siswa dapat belajar dengan menggunakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar industri, sehingga dapat meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang dibutuhkan di dunia kerja.

Menghadirkan narasumber GM Hermes Palace Hotel Banda Aceh, Budi Syaiful. Beliau memberikan materi tentang Kerjasama SMK dan IDUKA dalam Praktek Kerja Lapangan (PKL). Beliau menjelaskan bahwa PKL merupakan salah satu bentuk TeFa yang dapat memberikan manfaat bagi siswa SMK, antara lain: (1) Sinkronisasi keterampilan (skills), pengetahuan (knowledge), dan sikap (atitude) dengan dunia kerja, (2) Menambah pengalaman dan kualitas CV biodata siswa, (3) Meningkatkan kesiapan siswa dalam dunia kerja, dan (4) Meningkatkan kepuasan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri)

Pembukaan workshop diawali dengan sambutan Kepala SMK Negeri 1 Jeunieb, Bapak Feri Irawan, SSi, NPd. Beliau menyampaikan bahwa workshop ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk mengembangkan potensi siswa dan guru dalam beberapa kompetensi keahlian, seperti perhotelan, APHP, APAT, Teknik Pemesinan, dan Teknik Otomotif.

Menurutnya, hotel bukan sekadar bidang pekerjaan housekeeping atau hotel reception. Tapi di hotel itu ada kuliner, perawatan listrik, perawatan mesin, administrasi perkantoran, perawatan AC, bahkan otomotif.

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada GM Hermes Palace Hotel yang telah bersedia berbagi ilmu dan pengalaman dengan sekolah.

Workshop dihadiri para ketua program keahlian dan guru kejuruan SMK Negeri 1 Jeunieb.

Workshop ini akan berlanjut hingga dua hari ke depan dengan materi-materi lain yang berkaitan dengan TeFa. Workshop ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para peserta untuk menerapkan TeFa di SMKN 1 Jeunieb