fbpx

SMK-PP Negeri Saree Ikut Penas XVI Tahun 2023 di Kota Padang

Padang,kabardaily.com – Sebanyak 21 orang guru dan peserta didik SMK-PP Negeri Saree Provinsi Aceh mengikuti kegiatan Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan ke XVI di kota pada pada 10 – 15 Juni 2023.

Rombongan SMK-PP Negeri Saree bergabung dalam Kontingen Penas Provinsi Aceh ini dibawah koordinasi Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh. Untuk Penas ini, kontingen Aceh terdiri atas 773 peserta yang terbagi dalam 3 kelompok ; Peserta Utama, Pendamping, dan Peninjau.

Penas ke XVI yang dihadiri lebih kurang 40 ribu petani nelayan se Indonesia dibuka oleh Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto secara virtual mengangkat tema “Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal Untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045” terdari atas berbagai kegiatan seperti ; Rembuk Utama, Gelar Inovasi Teknologi Pertanian, Lomba Ketangkasan Petani Nelayan, Pameran dan Expo Pertanian dari seluruh Provinsi/Kabupaten Indonesia dan Industri Pertanian, Gita Nusantara, Pergelaran Seni Budaya Nusantara, dan berbagai kegiatan lainnya.

Kepala SMK-PP Negeri Saree, Muhammad Amin menyampaikan, sengaja membawa guru dan siswa untuk ikut kegiatan Penas ini dalam rangka memberi kesempatan kepada pendidikan dan peserta didik untuk melihat secara langsung perkembangan teknologi dan inovasi dunia pertanian, dengan harapan ilmu dan pengalaman yang didapat selama kegiatan Penas ini dapat disampaikan kepada teman sejawat dan peserta didik lain disekolah saat kembali ke Saree.

Cukup banyak informasi yang bisa diperoleh oleh peserta dari Aceh di berbagai stand yang ada di lokasi Penas ini. Kesempatan ini mesti dimanfaatkan sebaik mungkin oleh peserta karena tidak banyak guru dan peserta didik yang bisa hadir dalam kegiatan Penas yang dilaksanakan setiap 3 tahun sekali.

Selain hadir sebagai peninjau, Tim SMK-PP Negeri Saree juga terlibat dalam mengisi stand pameran Aceh dengan berbagai produk hasil produksi sekolah seperti ; Parfum dari lemon, buah lemon, Kopi Hijau, Kopi Arabica, Serbuk Jahe Instan, Telur Ayam Arab, dan produk lainnya.

Disamping itu, tim penari dari Sanggar Tari Taruna Bumi SMK-PP Negeri ikut tampil dalam Pergelaran Seni Budaya dan Gita Nusantara di panggung utama Penas.

Semoga dengan ikut kegiatan Penas ini memberi motivasi bagi pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan kompetensi bidang pertanian untuk mendukung berbagai program pemerintah dalam ketahanan pangan. Sampai jumpa di pergelaran Penas ke XVII tahun 2026 di Gorontalo. [*]