fbpx

Siswi SMAN 1 Dewantara Wakili Aceh pada LDBI Tingkat Nasional

LHOKSUKON,kabardaily.com – Siswi SMA Negeri 1 Dewantara Kabupaten Aceh Utara, Nayla Salsabila Putri terpilih mewakili Provinsi Aceh pada Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) tahun 2023.

Kepala SMA Negeri 1 Dewantara, Mustafa kepada media ini, Sabtu (24/6/2023) mengatakan, sesuai surat yang dikirimkan ke sekolah via e-mail dari Kementerian dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

Suat ini dengan Nomor : 1168/J7.1/PN.01/2023 Perihal Hasil Seleksi LDBI Jenjang SMA/MA Tingkat Provinsi, Wilayah dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) Tahun 2023.

“Alhamdulillah, dari lampiran itu tertera nama Nayla Salsabila Putri dari SMA Negeri 1 Dewantara Kabupaten Aceh Utara masuk finalis ke tingkat nasional,” kata Mustafa.

Dikatakannya, selain Nayla ada dua siswa lagi dari SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh yakni, Raffi Ilham Ramadhan dan Luthfia Izza Nafara.

Lebih lanjut Mustafa menjelaskan, jumlah.peserta yang mengirimkan vidio ke Balai Pengembangan Talenta Insonesia (BPTI) Kemdikbud Ristek sejumlah 5212 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.

“Lalu, BPTI Kemdikbud Ristek mengumunkan juara 1, 2 dan 3 dari masing-masing provinsi tertanggal 24 Juni 2023,” sebutnya.

Kepala sekolah menuturkan, pada tanggal 14 Juni 2023 lalu, Nayla dinilai dua hal oleh panitia yaitu, tahap pertama pemberian mosi dan peserta memberikan tangapan.

Kemudian tahap kedua pemberian mosi dalam bentuk video ulasan dan peserta memberikan tanggapan.

“Dari penilaian dewan juri melalui daring, Nayla asal SMA Negeri 1 Dewantara Aceh Utara dan dua siswa dari SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh berhasil lolos ke nasional,” ungkapnya.

Mustafa menyampaikan, pelaksanaan LDBI tingkat masional dilaksanakan di Provinsi Banten yang jadwalnya akan menyusul dalam waktu dekat ini.

“Selamat kepada Nayla dan terima kasih kepada guru pembimbingnya. Siapkam diri untuk berlomba di tingkat yang lebih tinggi, semoga mengharumkan nama Aceh di level nasional,” pesannya.

Ditambahkannya, ucapan terima kasih kepada guru pembina, Devi Meflinda dan penanggungjawab, Rini Zufriani serta para dewan guru selama ini telah berbuat memberikan yang terbaik bagi SMA Negeri 1 Dewantara.

“Apresiasi dan ucapan terima kasih saya sampaikan kepada Kepala Cabang Dinas Wilayah Aceh Utara, Ahmad Yamani yang senantiasa selalu memotivasi kami agar terus berkarya,” ucap Mustafa.(*)

Penulis : Baihaki