fbpx

Senator Syech Fadhil Sponsori Pelatihan Pelatihan Tahsin Alquran di Bireuen, Kenapa?

BIREUEN,kabardaily.com – Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh bersama IAI Almuslim menggelar kegiatan Tahsin Al-Quran TOT (Training of Trainer) guru Alquran di Kabupaten Bireuen. Kegiatan ini disponsori penuh oleh Anggota DPD Aceh Ustad HM Fadhil Rahmi, Lc. M.Ag.

“Kegiatan ini sebenarnya telah lama ingin direncanakan. Dan kami berharap ini adalah ajang untuk guru-guru kami lebih semangat dalam mengajar Alquran. Berapapun gelombang kegiatannya, kami tetap akan mendukung,” kata pria yang akrab disapa Syech Fadil ini saat pembukaan acara.

Tahsin adalah sebuah metode atau upaya memperbaiki bacaan Alquran. Tahsin adalah upaya seorang muslim bisa membaca Alquran dengan baik dan benar.

Tak hanya di Bireuen, Syech Fadhil berharap kegiatan tersebut mampu kembali membumikan Alquran di seluruh Aceh.

“Cara satu caranya adalah melalui kegiatan hari ini. Yaitu melatih guru tahsin. Semoga kegiatan ini terus berkelanjutan. Terimakasih untuk IKAT Aceh dan IAI Almuslim,” ujar dia.

Malik Adharsyah Dekan Fakultas Syariah mewakili Rektor IAI Almuslim menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sebenarnya pernah dilaksanakan di masa lalu. Dimana ulama dan umara saling bahu-membahu dalam meletakkan pondasi belajar agama di daerah Peusangan.

Tahsin Alquran ini dilaksanakan secara bergelombang. Gelombang 1 untuk Peusangan Raya, diikuti oleh kecamatan lain di Kabupaten Bireuen di gelombang selanjutnya.

Khalid Muddatstsir sebagai ketua IKAT merasa sangat senang dan bangga dengan terealisasinya kegiatan ini dari butir MoU antara IAI Almuslim Aceh dengan IKAT Aceh.

“Saya dan Ketua IKAT Aceh akan terus berkonstribusi dalam memajukan pendidikan agama di Aceh, khususnya di Kabupaten Bireuen,” ucap Baihaqi selaku Ketua IKAT Bireuen.

Kegiatan Tahsin ini tidak akan berhenti di 4 gelombang saja. Namun setiap peserta diberikan kesempatan kepada untuk mengajak tim tahsin kekampung-kampung mereka untuk berkolaborasi.