28.7 C
Banda Aceh
BerandaAgamaSenarai Apresiasi dan Penelitian Skripsi Perihal RUMAN Aceh

Senarai Apresiasi dan Penelitian Skripsi Perihal RUMAN Aceh

SANTERDAILY.COM | BANDA ACEH—Ketua pengelola Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh, Arief kepada santerdaily.com pada Senin (1/4/2019) dalam rilisnya menyampaikan beberapa apresiasi dan penghargaan telah diterima pihaknya dari berbagai pihak.

Dalam rentang waktu antara tahun 2015 – 2018, RUMAN Aceh menerima beberapa apresiasi dan penghargaan dari pemerintah, baik di tingkat provinsi Aceh mau pun level nasional secara natural, tanpa rekayasa.

Pertama, Organisasi sosial (ORSOS) berprestasi tahun 2015 tingkat Provinsi Aceh dari Dinas Sosial Aceh. Pada tahun ini, RUMAN Aceh mengelola donasi hingga Rp 1 Milyar dari dalam dan luar negeri untuk para pengungsi Rohingga di Aceh Utara.

Kedua, penghargaan seleksi tingkat nasional LKS (Lembaga Kesejahteraan Sosial) dan atau ORSOS berprestasi tahun 2015 dari KEMENSOS (Kementrian Sosial) Republik Indonesia.

Dalam rangkaian seleksi tersebut, delegasi RUMAN Aceh ikut serta pada prosesi upacara bendera HUT Proklamasi RI di Istana Negara, Jakarta. Juga bertemu dengan Presiden bersama kabinetnya di Istana Bogor.

Ketiga, Juara I Pengelola TBM (taman bacaan masyarakat) dalam Apresiasi PTK (pendidik dan tenaga kependidikan) PAUD (pendidikan anak usia dini) dan DIKMAS (pendidikan masyarakat) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh pada Mei 2017.

Keempat, Juara ke 6 Pengelola TBM (Taman bacaan masyarakat) dalam Apresiasi PTK PAUD dan DIKMAS dari KEMENDIKBUD (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) Republik Indonesia pada Juli 2017 di Bengkulu.

Kelima, Juara I Pengelola PKBM (pusat kegiatan belajar masyarakat) dalam ajang Apresiasi PTK PAUD dan DIKMAS (pendidikan masyarakat) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh pada Mei 2018.

Keenam, Juara ke 7 Pengelola PKBM (pusat kegiatan belajar masyarakat) dalam even Apresiasi PTK PAUD dan DIKMAS dari KEMENDIKBUD (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) Republik Indonesia pada Juli 2018 di Pontianak, Kalimantan Barat.

Bahan Penelitian Skripsi

Di sisi lain, sepanjang tahun 2015 hingga awal 2019, tercatat 6 kali khidmah RUMAN Aceh diangkat menjadi bahan penelitian skripsi mahasiswa dari dua perguruan tinggi yang berada di Banda Aceh.

Pertama, “Peran Komunitas Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat”, oleh Laila dari Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, tahun 2015.

Kedua, “Pengaruh MIBARA dalam Menciptakan Masyarakat Belajar di Blang Padang, Banda Aceh” oleh Ayulidar dari Fakultas Tarbiyah Universitas Serambi Makkah, Jurusan Pendidikan Agama Islam, tahun 2016.

Ketiga, “Peran RUMAN Aceh Dalam Pembinaan Karakter Anak Dhuafa di Punge Blang Cut Banda Aceh”, oleh Siti Asma dari Fakultas Tarbiyah Universitas Serambi Makkah, Jurusan Pendidikan Agama Islam, tahun 2016.

Keempat, “Metode Komunikasi antara Pengurus dengan Anak Binaan (Studi di RUmah Baca Aneuk Nanggroe)”, oleh Mehram, mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikas Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, tahun 2016.

Kelima, “Pengaruh Program Rumah Pustaka RUMAN terhadap Kemampuan Bercerita Siswa di SD Islam Lab PKPU”, oleh Metty Handayanti, mahasiswi Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Jurusan Ilmu Perpustakaan, tahun 2018.

Keenam, “Pengelolaan Pendidikan Luar Sekolah RUMAN (Rumah Baca Aneuk Nanggroe) Banda Aceh”, oleh Jamaluddin, mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam pada Januari 2019.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

31,112FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Related News

Indonesia
6,051,205
Total confirmed cases
Updated on May 18, 2022 10:50
Indonesia
156,481
Total deaths
Updated on May 18, 2022 10:50
Indonesia
3,898
Total active cases
Updated on May 18, 2022 10:50