fbpx

Satu  Lagi Jemaah Haji Meninggal Dunia di Mekah

kabardaily.com –  Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Seorang Jemaah Haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) BTJ-08 asal Syamtalira Aron Aceh Utara, Razali Ibrahim Pekan (61 tahun) meninggal dunia di Mekah, Jumat, 9 Juni 2023, jam 09.37 Waktu Arab Saudi.

Informasi meninggalnya Razali disampaikan Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) kloter 08-BTJ, Munzir M Amin, melalui aplikasi perpesanan daring.

“Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Izin melapor dari Kloter BTJ-08. Telah meninggal seorang jemaah kloter 8 BTJ, Razali Ibrahim Pekan, 61 tahun, pada hari Jumat tanggal 9 Juni 2023 di Mekah,” tulis Munzir dalam pesannya.

Menurut sertifikat kematian (CoD) yang dilkeluarkan KKHI Mekah, Razali didiagnosa mengalami serangan jantung (infarct myocardial) karena jantung berhenti tiba-tiba (cardiac arrest). Ia juga memiliki riwayat kencing manis (diabetes mellitus).

Sementara itu, Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari mengatakan bahwa petugas kloter bersama pihak maktab sudah melakukan proses pengurusan jenazah.

“Alamarhum akan dimakamkan di Syaraya. Kita doakan semoga almarhum diampuni segala dosanya dan ditempatkan di sisi Allah swt,” ujar Azhari.

Azhari juga mengatakan bahwa jemaah haji Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi bertambah menjadi 3 orang.

Sebelumnya, Muhammad Yusuf Dadeh (70 tahun) dari Kota Lhokseumawe yang tergabung dalam kloter 04-BTJ, meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Madinah Almunawarah, Madinah, Minggu (4 Juni 2023).

Kemudian Marzuki bin Husen Hanafiah (70 tahun) dari kloter 06-BTJ asal Kabupaten Bireuen, meninggal dunia di KKHI Mekah, Rabu (7 Juni 2023). [*]