fbpx

Satpol PP WH bersama Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Aceh Jaya Tertibkan Retribusi Ruko Pemda

Aceh Jaya,kabardaily.com – Satuan Polisi Pamong Praja dan Wiyatul Hisbah Kabupaten Aceh Jaya, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Aceh Jaya dan BPKK Aceh Jaya lakukan penertiban aset daerah berupa ruko bertingkat yang berada di Gampong Blang Kota Calang Aceh Jaya, Jumat 9 Juni 2023.

Kepala Satpol PP dan WH Kabupaten Aceh Jaya melalui Kepala Bidang Ketertiban Umum, Ketenteraman dan Perlindungan Masyarakat, Hamdani mengatakan Giat Penertiban ini dalam rangka penegakan Qanun Kabupaten Aceh Jaya Nomor 2 Tahun 2013 tentang Pemakaian Kekayaan Daerah sebagaimana telah diubah dengan Qanun Kabupaten Aceh Jaya Nomor 1 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Qanun Kabupaten Aceh Jaya Nomor 2 Tahun 2013.

Sebelumnya melalui leading sektor, pada bulan Maret 2023 kepada para penyewa aset daerah (Ruko Pemda) sudah disampaikan surat terkait pembayaran sewa tunggakan yang langsung ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Jaya T. Reza Fahlevi, menurut laporan yang ada, hanya beberapa penyewa yang sudah melapor ke Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Aceh Jaya, sementara yang lainnya mengabaikannya.

Hari ini kami sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Penegak Qanun dan Perkada melakukan penertiban.

Hasil yang kami dapatkan dilokasi penertiban, dari 30 Pintu Ruko (unit) yang terdata aktif sewa, sebanyak 6 unit sudah lunas, 4 unit dalam proses pembuatan kontrak, 13 unit sudah diberikan teguran kepada penyewa untuk menunaikan kewajiban yaitu membayar sewa dan langsung menyetor ke rekening kas daerah melalui rekening penerimaan Diskop, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Aceh Jaya selambat-lambatnya tanggal 16 Juni 2023.

Sementara sisa 7 unit lainnya sudah dihubungi penyewa oleh petugas penertiban, dari keterangan yang diterima sedang berada diluar Aceh Jaya dan dalam waktu dekat akan dikunjungi kembali oleh petugas penertiban.
Kami menghimbau kepada seluruh penyewa untuk selalu koperatif dan memiliki niat baik untuk menunaikan kewajibannya dan patuh pada peraturan yang ada. Kami menunggu laporan terbaru dari leading sektor sebagai penanggung jawab retribusi pasar yaitu Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Aceh Jaya.

Bila masih terdapat pelanggaran atau ada penyewa yang abai, tentu kami melakukan tahapan selanjutnya dan leading sektor akan ambil alih atau dialihkan ke pihak lain yang berminat. Tutup Hamdani.

Dalam penertiban tersebut, Kasat Pol PP dan WH Kabupaten Aceh Jaya turut didampingi oleh Kabid Tibumtranlinmas, Kabid Perdagangan dan Kasi. Pembinaan Pasar dari Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Aceh Jaya dan Kasubbid Penagihan dari BPKK Aceh Jaya serta Anggota Satpol PP dan WH Kabupaten Aceh Jaya.[*]