fbpx

Rumah Amal Masjid Jamik USK Serahkan Zakat untuk 140 Fisabilillah

BANDA ACEH,KABARDAILY.COM –  Rumah Amal Masjid Jamik Universitas Syiah Kuala menyerahkan zakat kepada 140 fisabilillah yang berada di sekitar kampus USK. Zakat ini diserahkan secara simbolis oleh Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan di Masjid Jamik USK. (Banda Aceh, 4 April 2024).

Direktur Rumah Amal Masjid Jamik USK Tedy Kurniawan Bakri, S.Farm., M. Farm.Apt menjelaskan, total zakat yang diserahkan untuk fisabilillah tersebut adalah Rp. 98 juta. Adapun rinciannya adalah 77 pengajar TPA dengan dana yang disalurkan Rp. 53.900.000. Lalu Balee Beut sebanyak 27 pengajar dengan dana yang disalurkan Rp. 18.900.000. selanjutnya 36 marbot masjid dengan total dana yang disalurkan Rp. 25.200.000.

Tedy mengatakan, zakat ini merupakan bentuk apresiasi USK terhadap mereka yang selama ini telah mendedikasikan hidupnya untuk tegaknya agama islam di tengah-tengah masyarakat.

“Kami harap apresiasi yang kecil ini bisa bermanfaat. Kami sadari semua ini tentu tidak sebanding dengan pengorbanan yang telah bapak/ibu berikan untuk agama dan masyarakat selama ini,” ucapnya.

Selain itu, Rumah Amal Masjid Jamik USK juga menyalurkan bantuan untuk lainnya melalui program Ramadhan. Program tersebut adalah Zakat Kemitraan Fakultas sebanyak 163 Jiwa dengan dana Rp 131.000.000. Lalu paket senyum ramadhan sebanyak 180 paket dengan total dana Rp 45.000.000, Santunan Yatim dan Dhuafa sebanyak 300 paket sembako, kebaikan bersama lembaga mahasiswa sebanyak 6 Lembaga Mahasiswa dengan total dana Rp. 1.800.000.

Selanjutnya, Paket Berbuka Puasa di Panti Asuhan Rumah Amal Qalbun Salim sebanyak 40 paket berbuka dengan dana Rp. 1.200.000. Donasi untuk Palestina Rp. 32.226.644 (sementara).

“Jumlah tersebut jika diakumulasikan penerima manfaatnya adalah 829 jiwa/lembaga dengan total dana yang disalurkan Rp. 309.226.644 dan 300 paket sembako,” ucap Tedy.

Pada kesempatan itu, Rektor juga turut menyampaikan terima kasih atas dedikasi para fisabilillah ini yang telah berkontribusi penting di masyarakat. Menurutnya, semangat dan pengorbanan mereka tersebut sangatlah berarti. Untuk itulah, apresiasi ini adalah bentuk dukungan USK agar mereka dapat terus menebar manfaat bagi masyarakat.

Selain itu, Rektor juga mengharapkan dukungan masyarakat agar Rumah Amal Masjid Jamik USK bisa terus bekerja secara optimal. Mengingat saat ini masih banyak potensi zakat yang bisa dikelola Rumah Amal Masjid Jamik USK.

“Saat ini jumlah dana zakat yang dikelola Rumah Amal sekitar Rp. 5 milyar. Potensi zakat itu masih sangat besar. Untuk mohon dukungannya, agar lembaga amal ini bisa bekerja lebih profesional sehingga semakin luas manfaatnya bagi masyarakat,” ucap Rektor.

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan tausiyah yang disampaikan oleh ustad Masrul Aidi, Lc., M.A dengan tema “Bergerak dan Mengabdi untuk Umat”. Turut hadir dalam kegiatan ini Penanggung Jawab Rumah Amal Masjid Jamik USK Prof. Dr. Mustanir, M.Sc.[*]